POLITIK IDENTITAS DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA (STUDI KASUS DI DESA MANUBELON, KECAMATAN AMFOANG BARAT DAYA, KABUPATEN KUPANG)

Detail Cantuman

Skripsi

POLITIK IDENTITAS DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA (STUDI KASUS DI DESA MANUBELON, KECAMATAN AMFOANG BARAT DAYA, KABUPATEN KUPANG)

XML

Pemilihan Kepala Desa merupakan kegiatan yang merujuk pada seleksi di tingkat desa, pelaksanaan kampanye, pelaksanaan pemillihan, dan pelantikan calon yang memperoleh suara terbanyak. Bagi masyarakat desa menjadi Kepala Desa adalah jabatan yang harus diisi oleh orang yang secara kehidupan sosial memiliki karisma dan dihormati masyarakat baik karena dirinya maupun karena keluarganya. Pemilihan Kepala Desa tidak semata memperebutkan kekuasaan atau strategi kampanye menyeluruh ke masyarakat akan tetapi lebih dari itu menyangkut gengsi, harga diri dan kehormatan sehingga di berbagai wilayah pemilihan kepala desa ini menimbulkan konflik di masyarakat (Laode Machdani, 2018). Penelitian ini mengangkat judul ”Politik Identitas Dalam Pemilihan Kepala Desa (Studi Kasus di Desa Manubelon, Kecamatan Amfoang Barat Daya, Kabupaten Kupang 2021)”. Penelitian ini bertujuan mengetahui Politik Identitas dalam Pemilihan Kepala Desa Manubelon, Kecamatan Amfoang Barat Daya, Kabupaten Kupang 2021. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah : Kepala Desa terpilih Manubelon, Calon Kepala desa tidak terpilih, Ketua BPD desa Manubelon, dan 2 orang warga aktif dalam pemilihan Kepala Desa Manubelon. Hasil penelitian bahwa Politik Identitas dalam pemilihan Kepala Desa d Manubelon, Kecamatan Amfoang Barat Daya, Kabupaten Kupang 2021 meliputi : Sentimen antar suku karena terjadi politisasi etnis dan terdapat sentimen antar suku/etnis, serta terjadi Pembelahan Sosial di masyarakat. Sedangkan Faktor-faktor yang mempengaruhi Politik Identitas pada Pilkades Desa Manubelon 2021 adalah Struktur tim pemenangan dan Tokoh masyarakat yang kuat dipercaya oleh masyarakat desa Manubelon. Kata kunci : Politik Identitas, Pemilihan Kepala Desa.
Kata kunci : Politik Identitas, Pemilihan Kepala Desa


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
TITUS NAAMAN AFFI - Personal Name
Student ID
1603040105
Dosen Pembimbing
Frans W.Muskanan,S.IP.,M.Si - 8886423419 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
ALFRIDUS,S.D.DARI,S.Fil.,MA - 198403112014041001 - Ketua Penguji
Frans W.Muskanan,S.IP.,M.Si - - Penguji 1
Ananias Rion Jacob - 199208142018031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
67201
Edisi
Published
Departement
ILMU POLITIK
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
672.01 AFF P
Copyright
UNIVERSITAS NUSA CENDANA
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA