PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI INFRASTRUKTUR JARINGAN KELAS XI TEKNIK KOMPUTER JARINGAN DI SMK NEGERI 4 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI INFRASTRUKTUR JARINGAN KELAS XI TEKNIK KOMPUTER JARINGAN DI SMK NEGERI 4 KUPANG

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) adakah pengaruh penerapan metode pembelajaran Team Assisted Individualization untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran administrasi infrastruktur jaringan kelas XI TKJ di SMK Negeri 4 Kupang. (2) seberapa besar pengaruh penerapan metode pembelajaran Team Assisted Individualization untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran administrasi infrastruktur jaringan kelas XI TKJ di SMK Negeri 4 Kupang.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Eksperimen Semu atau Quasi Eksperimen Design dengan Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini memiliki dua kelompok sebagai subjek penelititian yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data melalui pretest dan posttest. Analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan data dengan uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotesis dengan analisis regresi linear sederhana dan uji independent sample t-test dengan bantuan Statistic Product and Service Solution (SPSS).
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa dari uji analisis regresi linear sederhana dengan persamaan Y = 58,956 + 0,418X diperoleh t hitung >t tabel (7,755>2,034) dan signifikansinya 0,000<0,05 maka ada pengaruh antara metode pembelajaran Team Assisted Individualization untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran administrsi infrastruktur jaringan kelas XI TKJ di SMK Negeri 4 Kupang. Berdasarkan nilai koefisien determinasi (R Squere) sebesar 0,242 atau 24,2% dan hasil uji independent sample t-test menunjukan bahwa thitung memiliki nilai signifikansinya sebesar 3,812 dan nilai ttabel 1,995. Oleh karena nilai t hitung > t tabel (3,812>1,995) dan singnifikansinya 0,000>0,05. Maka metode pembelajaran Team Assisted Individualization memiliki pengaruh signifikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran administrasi infrastruktur jaringan kelas XI TKJ di SMK Negeri 4 Kupang.

Kata kunci : Metode Team Assisted Individulization, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
LOUWISE ESTER FENI - Personal Name
Student ID
1801130008
Dosen Pembimbing
YETURSANCE YULSIANA MANAFE - 197906262005012003 - Dosen Pembimbing 1
Crispinus Palulus Tamal - 8880990019 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fransiskus F Goe Ray - 197406052006041001 - Ketua Penguji
Yetursance Yulsiana Manafe - 197906262005012003 - Penguji 1
CRISPINUS PAULUS TAMAL - 9900979841 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
83201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Teknik Elektro
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
832.01 Fen P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA