Skripsi
Pengaruh Penerapan Strategi CBSA Dalam Bimbingan Klasikal Terhadap Pengembangan Sikap Asertif Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 8 Kota Kupang
XMLABSTRAK. CBSA adalah cara belajar mengajar yang memberi peran lebih banyak kepada anak didik untuk aktif dalam proses belajar mengajar sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Dalam penerapan kurikulum 2013 yang diberlakukan sekarang adalah pembelajaran aktif, dimana siswa diminta untuk lebih aktif dalam proses belajar mengajar. Namun kenyataan yg terjadi di lapangan peneliti menemukan masih ada siswa yang cenderung pasif pada saat proses belajar dimana ada beberapa siswa yang lebih memilih diam, tidak berani mengungkapkan apa yang dipikirkannya atau malu mengungkapkan pendapatnya, dan tidak mampu berkomunikasi dengan baik. Peneliti juga menemukan siswa yang memiliki sikap tidak menghargai orang lain, baik itu dengan teman sekelas, kakak/adik kelas maupun dengan guru. Hal ini yang mendorong penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Penerapan Strategi CBSA Dalam Bimbingan Klasikal Terhadap Pengembangan Sikap Asertif Siswa Kelas XI Di Sman 8 Kota Kupang”. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu:(1) Bagaimana gambaran Penerapan Strategi CBSA dalam bimbingan klasikal di SMA Negeri 8 Kota Kupang?(2) Bagaimana gambaran sikap asertif siswa di SMA Negeri 8 Kota Kupang? (3) Apakah ada pengaruh penerapan strategi CBSA dalam bimbingan klasikal terhadap sikap asertif siswa Kelas XI di SMA Negeri 8 Kota Kupang? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Penerapan strategi CBSA di SMA Negeri 8 Kota Kupang, (2) Sikap asertif di SMA Negeri 8 Kota Kupang.(3) Pengaruh penerapan strategi CBSA dalam bimbingan klasikal terhadap sikap asertif siswa di SMA Negeri 8 Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Lokasi penelitian di SMA Negeri 8 Kupang dengan lama Penelitian ± 1 bulan. Populasi penelitian ini berjumlah 348 orang. Teknik pengambilan sampel adalah Teknik purposive sampling, dengan jumlah sampel 35 orang. Variabel penelitian ini terdiri atas variabel bebas yaitu strategi belajar CBSA dalam bimbingan klasikal dan variabel terikat yakni sikap asertif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan angket. Untuk menganalisis data digunakan teknik analisis pretest posttest, Analisis Regresi Linear Sederhana dan uji t. Hasil penelitian meliputi:(1) Gambaran strategi CBSA dalam bimbingan klasikal SMA Negeri 8 Kupang, berdasarkan data hasil observasi pada siswa kelas XI diperoleh hasil bahawa pada pertemuan I keaktifan siswa rendah yaitu 50%, disebabkan tidak ada persiapan untuk mengikuti pelajaran, setelah menggunakan strategi CBSA pada pertemuan ke-II keaktifan siswa mulai meningkat menjadi 95%. (2) Gambaran pengembangan sikap asertif SMA Negeri 8 Kupang, 7 orang (20%) berada pada kategori sangat baik, 27 orang (77%) berada pada kategori baik, 1 orang (3%) berada pada kategori kurang baik, dan pada kategori tidak baik dan sangat tidak baik (0%), (3) Pengaruh penerapan strategi CBSA dalam bimbingan klasikal terhadap pengembangan sikap asertif siswa di SMA Negeri 8 Kupang dengan menggunakan analisis uji t diperoleh t hitung dengan n = 35 pada level signifikansi 0,05 adalah 3,700 lebih besar dari t tabel dengan n= 35 pada level signifikan 0,05 adalah 1,689. Dengan demikian t hitung > t tabel (3,700 > 1,689). Disini dapat diartikan bahwa strategi CBSA dalam bimbingan klasikal memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengembangan sikap asertif pada siswa SMA Negeri 8 Kupang. Kata Kunci:Cara Belajar Siswa Aktif, Bimbingan Klasikal, Sikap Asertif
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Maria Alvionita Meo - Personal Name
|
Student ID |
1601160078
|
Dosen Pembimbing |
Imanuel Lohmay - 195805051986011001 - Dosen Pembimbing 1
M.D. Pua Upa - 196101131986011001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Imanuel Lohmay - 195805051986011001 - Ketua Penguji
M.D. Pua Upa - 196101131986011001 - Penguji 1 Uda Geradus - 195812311986031021 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Bimbingan Konseling
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.01 Meo P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |