IDENTIFIKASI SENYAWA METABOLIT SEKUNDER DAN UJI AKTIVITAS TABIR SURYA EKSTRAK ETANOL DAUN BINAHONG (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis)

Detail Cantuman

Skripsi

IDENTIFIKASI SENYAWA METABOLIT SEKUNDER DAN UJI AKTIVITAS TABIR SURYA EKSTRAK ETANOL DAUN BINAHONG (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis)

XML

Telah dilakukan penelitian tentang identifikasi metabolit sekunder dan uji aktivitas tabir surya ekstrak etanol daun binahong (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui golongan senyawa apa saja yang terkandung dalam daun binahong dan menguji aktivasi ekstrak etanol daun binahong (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis) sebagai tabir surya. Penelitian ini dilakukan dalam beberapa tahap yaitu preparasi sampel, proses ekstraksi, pengujian senyawa metabolit sekunder dan pengujian aktivitas tabir surya. Ekstrasi dilakukan dengan metode maserasi dan pengujian aktivitas tabir surya menggunakan metode spektrofometri UV-Vis. Hasil uji fitokimia menunjukkan bahwa ekstrak etanol daun binahong (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis) mengandung flavonoid, saponin, fenolik dan tanin. Dari hasil uji aktivitas tabir surya diperoleh nilai SPF tertinggi pada konsentrasi 50 ppm yaitu sebesar 8,818 yang dikategorikan sebagai proteksi maksimal.
Kata Kunci : ekstrak, daun binahong, tabir surya (SPF)


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1901060106
Dosen Pembimbing
Penguji
Dr. Jasman, S.Pd.,M.Si. - 19690611 199403 1 001 - Ketua Penguji
Prof. Dr. I Gusti M.N Budiana, S.Si., M.Si - - Penguji 1
Dewi Lestarani, S.Pd., M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Kimia
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.04 Gam I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA