Dampak Beban Ganda Perempuan Di Ruang Publik Terhadap Keharmonisan Rumah Tangga ( Studi Kasus Di Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Dampak Beban Ganda Perempuan Di Ruang Publik Terhadap Keharmonisan Rumah Tangga ( Studi Kasus Di Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang)

XML

Penelitian ini berjudul:“DAMPAK BEBAN GANDA PEREMPUAN DI RUANG PUBLIK TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA (Studi Kasus Di Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang)”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beban ganda perempuan dalam bekerja dan membantu perekonomian keluarga. Usaha perempuan dalam meningkatkan taraf hidup akan mempengaruhi kesejahteraan keluarga, hal yang sering terjadi pada perempuan yang berkerja di ruang publik yaitu sering kesulitan dalam membagi waktunya diruang domestik seperti memasak, mencuci, membersikan rumah, mengurus suami dan anak-anak. Berdasarkan pendahuluan diatas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana dampak beban ganda perempuan di ruang publik terhadap keharmonisan rumah tangga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis dampak beban ganda perempuan di ruang publik terhadap keharmonisan rumah tangga. Penelitian ini menggunakan teori Gender dan teori Equilibrium. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan dengan mengunakan metode studi kasus. Informan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang yang terdiri dari 3 perempuan dan 3 laki-laki yang bekerja sebagai wirausaha, PNS dan pedagang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran perempuan dalam membantu perekonomian keluarga sangat penting, istri seperti dituntut untuk bisa membagi waktu antara mengurus rumah tangga dan juga membantu suami untuk bisa memenuhi kebutuhan dalam rumah tangga dan membiayai uang sekolah anak-anak sehingga terkadang kurangnya waktu luang bagi suami dan istri mengurus anak mereka. Kesimpulan dari penelitian ini adalah berkomunikasi dengan pasangan, manajemen waktu yang baik, saling membantu satu sama lain dan meluangkan waktu untuk bersama dengan keluarga, agar dapat mengatasi beban ganda yang dialami perempuan agar tidak terjadi ketimpangan gender. Peneliti menyarankan kepada suami dan istri untuk bisa membagi waktu untuk mengurus anak dan juga rumah tangga agar rumah tangga tetap terjalin dengan baik dan harmonis.

Kata Kunci : Dampak, Beban Ganda Perempuan, Ruang Publik, Keharmonisan, Rumah Tangga


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Maria Apriliani Resi - Personal Name
Student ID
1603030098
Dosen Pembimbing
BALKIS SORAYA TANOF - 196801301994032001 - Dosen Pembimbing 1
Aelshtri Ndandara - 1983080120091220006 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Balkis Soraya Tanof - 196801301994032001 - Ketua Penguji
Aelshtri Ndandara - 1983080120091220069 - Penguji 1
Chrisistomus S. Oiladang - 196302072000031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang, Nusa Tenggara Timur.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Res D
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA