PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA TEMA V SUBTEMA III PEMBELAJARAN I TENTANG KESEIMBANGAN EKOSISTEM TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SD NEGERI DENDENG KABUPATEN KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA TEMA V SUBTEMA III PEMBELAJARAN I TENTANG KESEIMBANGAN EKOSISTEM TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SD NEGERI DENDENG KABUPATEN KUPANG

XML

Skripsi oleh Wikie Novylia Nakluy, NIM 1901140081, PGSD tahun 2023 dengan judul: “ Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Tema V Subtema III Pembelajaran 1 Tentang Keseimbangan Ekosistem Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Di SD Negeri Dendeng”. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni “apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Tentang Keseimbangan Ekosistem di SD Negeri Dendeng ?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Tentang Keseimbangan Ekosistem di SD Negeri Dendeng. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan desain penelitian pretest-posttest control grup. Teknikpengumpulan data yang digunakan penulis yaitu teknik observasi, tes dan studi dokumentasi. Dengan populasi yang berjumlah 40 orang peserta didik kelas V dan sampel yang diambil berdasarkan teknik total sampling. Sampel diteliti ada dua kelas yakni kelas VA terdiri dari 10 orang menjadi kelas eksperimen dan kelas VB terdiri dari 10 orang menjadi kelas kontrol. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji N-Gain Score.Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Dendeng, khususnya kelas V dengan hasil uji hipotesis menggunakan paired sample T-Test menunjukan nilai signifikan (2-tailed)sebesar 0,000. Hal ini menunjukan bahwa taraf signifikan (2-tailed) < 0,05. Dengan demikianHₐ diterima karena terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada data pretest dan posttest dan H₀ ditolak. Sesuai dengan dasar pengambilan keputusan dalam uji ini adalah jika nilai sig (2-tailed) < 0,05, maka terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik kelas V di SD Negeri Dendeng.Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruhmodel pembelajaran Problem Based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas V di SD Negeri Dendeng.

Kata Kunci : Model Problem Based learning, Keseimbangan Ekosistem, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Wikie Novylia Nakluy - Personal Name
Student ID
1901140081
Dosen Pembimbing
Marsi D.S. Bani - 198203142008121001 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Marsi D. S. Bani - 198203142008121001 - Penguji 1
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
86206 NAK P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA