Pengelolaan Bumdes Dan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Tentang Pengelolaan BUMDes Wairpuan dan BUMDes Pu’an Plading dalam Hubungannya Dengan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Desa Lodogahar dan Desa Bloro, Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka)

Detail Cantuman

Skripsi

Pengelolaan Bumdes Dan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Tentang Pengelolaan BUMDes Wairpuan dan BUMDes Pu’an Plading dalam Hubungannya Dengan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Desa Lodogahar dan Desa Bloro, Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka)

XML

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) diperlukan agar dapat mengelola potensi desa dengan maksimal dalam upaya memperkuat perekonomian desa. Saat ini, BUMDes Wairpuan (Desa Lodogahar) dan BUMDes Pu’an Plading (Desa Bloro) belum dijalankan secara maksimal dikarenakan belum terlihat secara jelas peran Badan Usaha Milik Desa ini dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat agar program BUMDes tepat guna dan tepat sasaran. Permasalahan pada skripsi ini adalah; (1) Bagaimanakah pengaturan pengelolaan BUMDes dan hubungan dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat? (2) Bagaimanakah dukungan masyarakat dalam pengelolaan BUMDes Wairpuan (Desa Lodogahar) dan BUMDes Pu’an Plading (Desa Bloro) dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat?
Penelitian ini merupakan penelitian hukum yang bersifat ormatif di tunjang oleh penelitian hukum Empiris di mana datanya diperoleh secara langsung dari lokasi penelitian dengan tetap memperhatikan implementasi ketentuan hukum positif dan kontak secara faktual pada setiap peristiwa hukum tertentu yang terjadi dalam masyarakat dan menggunakan analisis secara yuridis deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara terhadap 17 narasumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pengaturan pengelolaan BUMDes Wairpuan Desa Lodogahar dan BUMDes Pu’an Plading Desa Bloro belum maksimal dan (2) Dukungan masyarakat dalam pengelolaan BUMDes Wairpuan (Desa Lodogahar) dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat sejauh ini masyarakat sudah sangat antusias dalam memberikan dukungan hal ini dilihat dari keikutsertaan masyarakat Desa Lodogahar dalam membeli dan menggunakan jasa yang disediakan oleh BUMDes Wairpaun sedangkan untuk dukungan masyarakat untuk BUMDes Puan Plading Desa Bloro masih sangat kurang karena program usaha yang di jalankan hanya melibatkan beberapa masyarakat tertentu dan program- program lainnya belum berjalan.

Kata Kunci: Pengelolaan, BUMDes, Peningkatan, Kesejahteraan Masyarakat.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MARIA ANDRIANI GOBA - Personal Name
Student ID
1902010426
Dosen Pembimbing
KOTAN Y STEFANUS - 196012271987021001 - Dosen Pembimbing 1
RAFAEL R TUPEN - 196404201992031001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Hernimus Ratu Udju - 1961042398901001 - Ketua Penguji
Kotan Y Stefanus - 196012271987021001 - Penguji 1
Rafael R Tupen - 196404201992031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 GOB P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA