Skripsi
Perbandingan Penggunaan Model Pembelajaran Cbl Di Pandu Metode Individual Terbimbing Dan CBL Di Pandu Metode Tutorial Terhadap Hasil Belajar (Kognitif) Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Elektronika Kelas X TEI SMKN 2 Kupang
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil pembelajaran siswa menggunakan model pembelajaran CBL dengan metode individual terbimbing pada mata pelajaran dasar listrik elektronika kelasX Teknik Elektronika Industri Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kupang (2) hasil Pembelajaran siswa menggunakan model pembelajaran CBL dengan metode tutorial pada mata pelajaran dasar listrik elektronika kelas X Teknik Elektronika Industri Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 kupang (3) perbandingan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajran CBL dengan metode individual terbimbing dan CBL dipandu metode tutorial pada mata pelajaran dasar listrik elektronika kelas Teknik Elektronika Industri Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 kupang. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment Design dengan rancangan penelitian yang digunakan yakni Nonequivalent Control Group Design, dimana pemilihan kelompok eksperimen dan kontrol tidak dipilih secara random. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes pilihan ganda sebanyak 20 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis dengan uji mormalitas, uji homogenitas serta uji hipotesis dengan menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji-T. Hasil penelilitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh antara model pembelajaran CBL dipandu metode individual terbimbing dirincikan sebagai berikut: Hasil uji Independent Sampel T-test di peroleh Thitung = 3,595 dan ttabel = 2,048 df=64, maka dapat dilihat bahwa nilai thitung > ttabel (3,595>2,048). (2) Terdapat pengaruh antara model pembelajaran CBL dipandu metode tutorial terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran dasar listrik dan elektronika kelas X Teknik Elektronika Industri Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 KUPANG (Y) yang dirincikan sebagai berikut :Hasil uji Independent Sampel T test diperoleh thitung= 7,120 dan didapatkan ttabel= 1,998 dengan df = 64, maka dapat dilihat bahwa nilai thitung > ttabel 7,120>1,998). (3) Terdapat perbedaan antara model pembelajaran CBL di pandu metode individual terbimbing dan CBL di pandu metode tutorial terhadap hasil belajar pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika lelas X Teknik Elektronika Industri Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kupang.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Susanty Lay - Personal Name
|
Student ID |
1701130065
|
Dosen Pembimbing |
YETURSANCE YULSIANA MANAFE - 197906262005012003 - Dosen Pembimbing 1
ICHSAN FAHMI - 197705052005011004 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Yetursance Yulsiana Manafe - 197906262005012003 - Ketua Penguji
Ichsan Fahmi - 197705052005011004 - Penguji 1 FRANS F. G. RAY - 197406052006041001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
83201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Teknik Elektro
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
832.01 Lay P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |