Skripsi
PENGGUNAAN MODEL NHT DALAM PEMBELAJARAN TENTANG TEMA 7 “PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN” SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 4 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI OERANTIUM KABUPATEN KUPANG
XMLSkripsi oleh Rendi Roberto Mokos dengan NIM. 1901140110 dengan judul ‘’ Penggunaan Model NHT Dalam Pembelajaran Tentang Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan Subtema 1 Pembelajaran 4 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas V SDN Oerantium ’’. Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimana Penggunaan model Numbered Head Together(NHT) dalam pembelajaran Tema 7”Peristiwa dalam kehidupan” Subtema 1 pembelajaran 4 untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SD Negeri Oerantium Kabupaten Kupang. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data yakni teknik observasi dan tes . Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas V berjumlah 15 orang, dengan rincian 6 orang laki-laki dan 10 orang perempuan.Data yang terkumpul dianalisa lebih lanjut dengan menggunakan
analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Oerantium Kabupaten Kupang dengan hasil penelitian
menunjukan bahwa pada tindakan prasiklus dapat diketahui bahwa dari 15 orang siswa sebanyak 6 siswa (40% ) tuntas karena sebagian Siswa memperhatikan penjelasan guru,dan mampu memahami materi. Sedangkan dari 15 orang siswa sebanyak 9 siswa ( 60% ) tidak tuntas karena, Keadaan beberapa kelompok tidak kompak dalam berdiskusi, ada siswa yang serius membaca dan ada pula yang terlihat sangat santai, Siswa membuat lelucon didalam kelas. Sedangkan hasil penelitian pada Siklus I dapat diketahui bersama bahwa dari 15 orang siswa sebanyak 8 orang siswa ( 53,33%) tuntas, karena memperhatikan penjelasan guru dengan baik,mampu melaporkan hasil diskusi dengan tepat, dapat menyelesaikan LKPD dengan baik, mengerjakan soal tes dengan baik sedangkan 7 orang siswa ( 46,66%) tidak tuntas karena karena tidak memperhatikan penjelasan guru, , tidak melaporkan hasil diskusi dengan tepat, belum memahami materi yang diajarkan karena suka mengganggu teman lain dan
belum menyelesaikan soal tes dengan baik. Sedangkan pada Penelitian Siklus II mengalami peningkatan dari 15 orang siswa terdapat 12 orang siswa ( 80%) tuntas karena siswa sudah memiliki keberanian untuk maju di depan kelas untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok mereka secara masing-masing siswa , sedangkan dari 15 orang siswa terdapat 3 orang siswa ( 20%) tidak tuntas karena tidak memperhatikan penjelasan guru dan saat mengerjakan soal yang diberikan mereka kurang teliti dalam membaca soal dan lebih memilih mengganggu teman lain.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Nht dalam pembelajaran Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan Subtema 1 pembelajaran 4 dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Kelas V SD Negeri Oerantium.
Kata Kunci : Model NHT, Peristiwa Dalam Kehidupan, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
SKRIPSI
|
---|---|
Penulis |
RENDI ROBERTO MOKOS - Personal Name
|
Student ID |
1901140110
|
Dosen Pembimbing |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Maksel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Margaret Pula Elisabeth Djokaho - 198103012008122002 - Ketua Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 1 Maksel Koro - 199011182019031007 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
86206 MOK P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |