Studi Kasus Tentang Langkanya Muti Terhadap Kelestarian Budaya Adat Perkawinan Masyarakat Naibenu Di Desa Sunsea Kecamatan Naibenu Kabupaten Timor Tengah Utara

Detail Cantuman

Skripsi

Studi Kasus Tentang Langkanya Muti Terhadap Kelestarian Budaya Adat Perkawinan Masyarakat Naibenu Di Desa Sunsea Kecamatan Naibenu Kabupaten Timor Tengah Utara

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengapa Muti menjadi langka di Desa Sunsea, mendeskripsikan mengenai digantinya Muti dengan uang tunai, apakah akan mengurangi nilai-nalai dari Muti itu sendiri atau tidak, dan mendeskripsikan tentang upaya masyarakat dalam melestarikan Muti.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu memperoleh datadata secara tertulis dan lisan dari orang-orang atau pelaku utama yang diamati. Data yang dikumpulkan baik data primer maupun sekunder yang telah diperoleh dari lapangan dalam bentuk kalimat yang jelas sehingga mudah dipahami. Penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jumlah informan yang dipakai dalam penelitian ini berjumlah empat orang, yang mana para narasumber ini merupakan tokoh adat dan tokoh masyarakat di Desa Sunsea.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa langkanya Muti disebabkan oleh beberapa faktor yaitu: 1) faktor beredarnya uang kertas, 2) faktor kebutuhan, 3) faktor orang cina dan para tokoh adat yang tidak lagi bertapa, dan 4) faktor beredarnya Muti tiruan atau imitasi dari Muti asli. Karena Muti pada dasarnya adalah salah satu tradisi budaya warisan turun-temurun dari nenek moyang Masyarakat Naibenu di Desa Sunsea, maka ketika diganti dengan uang tunai tentu sangat mengurangi nilai-nilai dari Muti itu sendiri. Namun tidak dengan makna dari muti yaitu sebagai “pengikat” karena digantinya Muti dengan uang tunai atau sapi dilaksanakan berdasarkan kesepakatan bersama antara kedua belah pihak dari keluarga dan melalui beberapa pertimbangan. Digantinya Muti dengan uang tunai menyebabkan berkurangnya nilai sejarah atau history dan nilai ekonomis dari Muti. Kemudian upaya yang dilakukan Masyarakat Naibenu untuk melestarikan Muti yaitu dengan cara: 1) diwariskan kepada anak cucu atau keturunan, 2) disimpan pada rumah adat, dan 3) disimpan di rumah sendiri.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Gellbard Alberto Nono - Personal Name
Student ID
1901070075
Dosen Pembimbing
Leonard Lobo - 195912311987021005 - Dosen Pembimbing 1
Fredik L. Kollo - 199208112020121016 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
MARIA L BRIBIN - 199305132019032025 - Ketua Penguji
LEONARD LOBO - 195912311987021005 - Penguji 1
Fredik L. Kollo - 19920208 202203 1 009 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 Ono S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA