Implementasi Keterampilan Dasar Mengajar Mapel Pkn Oleh Guru Di Kelas IV SD Inpres Serelang Kabupaten Alor

Detail Cantuman

Skripsi

Implementasi Keterampilan Dasar Mengajar Mapel Pkn Oleh Guru Di Kelas IV SD Inpres Serelang Kabupaten Alor

XML

Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan pengalaman guru dalam mengimplementasikan keterampilan dasar mengajar Dan Mendeskripsikan faktor-faktor penghambat dan pendukung implementasi dasar mengajar mapel PPKn ketika guru mengajar kelas IV di SD inpres Serenglang Kabupaten Alor. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Pengolahan data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara umum guru mampu mengimplementasikan keterampilan dasar mengajar secara baik, yaitu keterampilan bertanya, keterampilan memberi penguatan, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan menjelaskan, keterampilan membuka dan menutup pembelajaran, keterampilan mengelola kelas, keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil, keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan. Guru sudah menggunakan keterampilan mengajar akan tetapi karena kondisi sehingga guru masih menyesuaikan dengan keadaan yang ada, salah satunya adalah sarana prasarana, buku atau bahan ajar dan tingkat pemahaman siswa. Dalam mengimplementasikan keterampilan dasar mengajar guru, masing-masing guru memiliki cara yang berbeda-beda. Akan tetapi pada prinsipnya membawa implikasi kesesuaian, kreatifitas, kebermanfaatan, membangkitkan perhatian dan motivasi, serta menyenangkan. Adapun berbagai kendala yang ditemukan dalam pengaplikasian keterampilan dasar mengajar, antara lain kurangnya motivasi belajar siswa, keterbatasan media pembelajaran, sarana dan prasarana yang kurang memadai,dan kualitas guru. Sebagai upaya mengatasi berbagai kendala tersebut, guru dituntut untuk terus belajar guna meningkatkan keterampilan mengajar agar tercapainya tujuan pembelajaran yang optimal.
Kata kunci : Implementasi, Keterampilan dasar mengajar, dan SDI Serenglang


Detail Information

Item Type
Penulis
Adam Yosua Malaire - Personal Name
Student ID
1601140157
Dosen Pembimbing
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Benediktus Kasa - 195706141984031001 - Ketua Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Penguji 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Mal I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA