PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA MELALUI METODE SUKU KATA (SYLLABIC METHOD) OLEH SISWA KELAS I SD GMIT TOBU KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN

Detail Cantuman

Skripsi

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA MELALUI METODE SUKU KATA (SYLLABIC METHOD) OLEH SISWA KELAS I SD GMIT TOBU KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN

XML

Skripsi oleh Aprila BR. Sunbanu, NIM 1901140118 (2023) berjudul Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa melalui Metode Suku Kata (Syllabic Method) oleh Siswa Kelas I SD GMIT Tobu Kabupaten Timor Tengah Selatan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampua membaca permulaan siswa dengan menggunakan Metode Suku Kata Syllabic Method) oleh siswa Kelas I SD GMIT Tobu. Dengan tujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa dengan menggunakan Metode Suku Kata Syllabic Method). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tes serta refleksi. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa/I kelas I berjumlah 14 orang dengan rincian 5 laki-laki dan 9 perempuan. Pengumpulan data dilakukan degan teknik observasi dan tes. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.Penelitian ini dilakukan di SD GMIT Tobu, dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I dari 14 siswa yang tuntas 8 orang (57,14%), tuntas karena memperhatikan penjelasan guru dengan baik, siswa aktif dalam pembelajaran, mau bekerjasama dalam kelompok, guru telah menjelaskan materi sesuai isinya, membimbing siswa yang masih kesulitan dalam membedakan huruf, membaca suku kata maupun kata, menjelaskan langkah-langkah dalam pembelajaran dengan menggunakan metode suku kata dengan baik. Selanjutnya yang tidak tuntas 6 orang (42,86%) tidak tuntas karena tidak memperhatikan penjelasan guru dengan baik, tidak aktif dalam pembelajaran, dan tidak menangkap materi yang diajarkan dengan baik sehingga hasil tes rendah. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan bahwa dari 14 siswa yang tuntas 12 orang (85,71%). Sedangkan yang tidak tuntas 2 orang (14,29%), tidak tuntas dikarenakan belum memperhatikan penjelasan guru dengan baik, tidak aktif saat pembelajaran, dan tidak menangkap materi yang diajarkan dengan baik sehingga hasil tes rendah.Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Metode Suku Kata (Syllabic Method) dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa Kelas I SD GMIT Tobu.

Kata kunci: Membaca permulaan, Metode Suku kata (Syllabic Method)


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
APRILA BR. SUNBANU - Personal Name
Student ID
1901140118
Dosen Pembimbing
KARUS MARIA MARGARETA - 196210141990032001 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Margaretha Djo Kaho, S.Sn, M.Sn - 19810301 200812 2 002 - Ketua Penguji
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Penguji 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Sun P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA