Skripsi
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA MELALUI METODE SUKU KATA (SYLLABIC METHOD) OLEH SISWA KELAS I SD GMIT TOBU KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN
XMLSkripsi oleh Aprila BR. Sunbanu, NIM 1901140118 (2023) berjudul Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa melalui Metode Suku Kata (Syllabic Method) oleh Siswa Kelas I SD GMIT Tobu Kabupaten Timor Tengah Selatan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampua membaca permulaan siswa dengan menggunakan Metode Suku Kata Syllabic Method) oleh siswa Kelas I SD GMIT Tobu. Dengan tujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa dengan menggunakan Metode Suku Kata Syllabic Method). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tes serta refleksi. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa/I kelas I berjumlah 14 orang dengan rincian 5 laki-laki dan 9 perempuan. Pengumpulan data dilakukan degan teknik observasi dan tes. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.Penelitian ini dilakukan di SD GMIT Tobu, dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I dari 14 siswa yang tuntas 8 orang (57,14%), tuntas karena memperhatikan penjelasan guru dengan baik, siswa aktif dalam pembelajaran, mau bekerjasama dalam kelompok, guru telah menjelaskan materi sesuai isinya, membimbing siswa yang masih kesulitan dalam membedakan huruf, membaca suku kata maupun kata, menjelaskan langkah-langkah dalam pembelajaran dengan menggunakan metode suku kata dengan baik. Selanjutnya yang tidak tuntas 6 orang (42,86%) tidak tuntas karena tidak memperhatikan penjelasan guru dengan baik, tidak aktif dalam pembelajaran, dan tidak menangkap materi yang diajarkan dengan baik sehingga hasil tes rendah. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan bahwa dari 14 siswa yang tuntas 12 orang (85,71%). Sedangkan yang tidak tuntas 2 orang (14,29%), tidak tuntas dikarenakan belum memperhatikan penjelasan guru dengan baik, tidak aktif saat pembelajaran, dan tidak menangkap materi yang diajarkan dengan baik sehingga hasil tes rendah.Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Metode Suku Kata (Syllabic Method) dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa Kelas I SD GMIT Tobu.
Kata kunci: Membaca permulaan, Metode Suku kata (Syllabic Method)
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
APRILA BR. SUNBANU - Personal Name
|
Student ID |
1901140118
|
Dosen Pembimbing |
KARUS MARIA MARGARETA - 196210141990032001 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Margaretha Djo Kaho, S.Sn, M.Sn - 19810301 200812 2 002 - Ketua Penguji
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Penguji 1 Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Sun P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |