Skripsi
Reformasi Birokrasi Pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Manggarai (Studi Kasus Pelaksanaan Peraturan Menteri Agama Nomor 45 Tahun 2015 Tentang Disiplin Kehadiran Pegawai Negeri Sipil Di Lingkungan Kementerian Agama)
XMLReformasi birokrasi merupakan upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan agar tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan efektif dan efisien. Pada dasarnya yang melatarbelakangi reformasi birokrasi adalah masih adanya praktek Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) di berbagai bidang, masih rendahnya kualitas pelayanan publik yang belum mampu memenuhi harapan publik, belum optimalnya tingkat efisiensi, efektivitas dan produktivitas di bidang kelembagaan, sumber daya manusia (SDM), ketatalaksanaan dan pengawasan serta masih rendahnya tingkat transparansi dan akuntabilitas birokrasi pemerintahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis reformasi birokrasi pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Manggarai (Studi Kasus Pelaksanaan Peraturan Menteri Agama Nomor 45 Tahun 2015 tentang Disiplin Kehadiran Pegawai Negeri Sipil Di Lingkungan Kementerian Agama). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Informan sebanyak 11 orang. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reformasi birokrasi pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Manggarai sudah berjalan dengan baik. Pelayanan yang diberikan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Manggarai sudah transparan dilihat dari para pegawai sudah paham dan konsisten dalam penerapan SOP serta melaksanakan pelatihan rutin dan pengawasan internal untuk menghindari perilaku diskriminatif. Pelayanan yang diberikan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Manggarai sudah akuntabel dilihat dari penyelesaian tugas oleh pegawai dengan baik dan rendahnya pengaduan masyarakat karena sikap responsif yang diberikan oleh pegawai. Pelayanan yang diberikan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Manggarai sudah cukup efisien dilihat dari ketepatan waktu pegawai dalam memberikan pelayanan, lokasi kantor yang mudah diakses oleh transportasi public serta biaya pelayanan yang ditiadakan atau gratis. Namun, dari segi kemudahan akses informasi pelayanannya masih cukup sulit. Pelayanan yang diberikan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Manggarai sudah menerapkan standar pelayanan formal sesuai aturan resmi, menerapkan sistem reward dan punishment. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang diberikan ialah bagi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Manggarai harap menyediakan website resmi untuk memudahkan akses informasi secara online. Para pegawai diharapkan untuk lebih meningkatkan disiplin kehadiran serta terus profesional dalam memberikan pelayanan. Masyarakat juga diharapkan lebih teliti dalam menyiapkan berkas- berkas sebagai syarat pelayanan agar tidak memakan waktu lama.
Kata Kunci : Reformasi Birokrasi, Disiplin Kehadiran, Kemenag
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Margareth Hilanti Yesika Nonik - Personal Name
|
Student ID |
1903010053
|
Dosen Pembimbing |
DOMINIKUS FERNANDES - 196007191988031001 - Dosen Pembimbing 1
CATARYN V ADAM - 196804042000032001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Dominikus Fernandes - 196007191988031001 - Ketua Penguji
Cataryn V Adam - 196804042000032001 - Penguji 1 William Djani - 196410141989011001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
63201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Ilmu Administrasi Negara
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang, Nusa Tenggara Timur., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
632.01 Non R
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |