Pertimbangan Hakim Dan Sikap Para Pihak Terhadap Disparitas Putusan Pidana Dalam Kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) Di Pengadilan Negeri Kupang Kelas IA

Detail Cantuman

Skripsi

Pertimbangan Hakim Dan Sikap Para Pihak Terhadap Disparitas Putusan Pidana Dalam Kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) Di Pengadilan Negeri Kupang Kelas IA

XML

Di dalam pemidanaan terkadang ada kesan putusan yang di jatuhkan sering berbeda (disparitas) terhadap terpidana sehingga dapat menimbulkan perbedaan yang mencolok dan adanya ketidak adilan objek yang sama ini apabila terbukti dan terhadap kasus tersebut telah pernah diputuskan oleh pengadilan, maka hakim dapat mempedomani putusan bagi terpidana. Dalam menjatuhkan putusan terhadap kasus tindak pidana dalam hakim yang telah berkekuatan hukum tetap dan telah dijadikan sebagai Yurisprudensi, hal ini dapat mempermudah hakim dalam menjatuhkan pidana dalam objek yang sama dan dapat melaksanakan asas peradilan sederhana, cepat dan biaya ringan sehingga putusan dapat memenuhi rasa keadilan bagi terpidana dan masyarakat pada umunya.
Tujuan dari penelitian ini ( 1 ) untuk mengetahui dan menganalisis pertimbangan hakim sehingga terjadi disparitas putusan pidana dalam penerapan putusan terhadap kasus kekerasan dalam rumah tangga ( 2 ) untuk mengetahui dan menganalisis sikap para pihak terhadap disparitas putusan pidana dalam kasus kekerasan dalam rumah tangga. Metode penelitian yang di gunakan adalah Metode penelitian Yuridis dan Empiris yakni mempelajari peraturan perundan-undangan yang mengatur kekerasan dalam rumah tangga dikaitkan dengan permasalahan yang diteliti dilakukan dengan cara memadukan bahan-bahan hukum ( yang merupakan data sekunder ) drngan data primer yang diperoleh dilapangan.

Penelitian ini dilakukan di Pengadilan Negeri Kupang Kelas 1A. Hasil analisis yang diperoleh dalam penelitian ini ( 1 ) Pertimbangan Hakim terhadap Disparitas Putusan Pidana ialah, mempertimbangkan putusan pidana, pertimbangan Yuridis dan pertimbangan Non-Yuridis.
( 2 ) Sikap para pihak terhadap Disparitas Putusan Pidana ialah, sikap korban terhadap disparitas putusan pidana, sikap pengacara terhadap disparitas putusan pidana dan sikap terdakwa terhadap disparitas putusan pidana. Saran penulis tulisan ini diharapkan bagi pembaca agar bisa mengontrolkan diri sehingga tidak terjadi kekerasan fisik dalam kekerasan dalam rumah tangga ( KDRT ).

Kata Kunci : Hakim, Putusan pengadilan, Kekerasan dalam rumah tangga


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1802010655
Dosen Pembimbing
BHISA VITUS WILHELMUS - 196106151989011001 - Dosen Pembimbing 1
HERYANTO AMALO - 196511301992031002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Rudepel Petrus Leo - 196406121990031003 - Ketua Penguji
Bhisa V. Wihelmus - 196106151989011001 - Penguji 1
Heryanto Amalo - 196511301992031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 DAL P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA