Skripsi
EVALUASI KINERJA TERMINAL WATUJAJI KABUPATEN NGADA
XMLTerminal Watujaji Kabupaten Ngada merupakan salah satu terminal di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang berstatus tipe B dengan luas keseluruhan 4.420 m2. Namun dalam pelaksanaannya terdapat permasalahan, masih belum berfungsi dengan optimal dan belum lengkapnnya fasilitas pada pelayanan maupun operasional di Terminal Watujaji sehingga menyebabkan menurunnya jumlah penumpang pada terminal,maka dilakukannya evaluasi terhadap kinerja terminal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kondisi fasilitas eksisiting dari Terminal Watujaji, membandingkan kapasitas terminal saat ini dengan hasil analisis , serta mengetahui persepsi penumpang di terminal terhadap kinerja Terminal Watujaji. Dan untuk manfaat dari penelitian ini diharapakan menjadi bahan pertimbangan bagi pemerintah dalam perencanaan dan pembangunan suatu terminal dengan memperhatikan fasilitasfasilitasnya.Evaluasi Kinerja Terminal Watuajaji menganalisis kapasitas terminal, fasilitas, lokasi, dan persepsi penumpang dengan metode analisis deskriptif normatif dan metode IPA. Survei dan pengambilan data dilakukan pada jam operasional terminal hari senin hingga sabtu dan survei dilakukan di dalam terminal dan di luar terminal. Survei fasilitas terminal dan survei wawancara kuesioner kepada reponden sebanyak 100 orang dari berbagai kalangan penumpang. Dari hasil penelitian dan pengamatan lapangan, Kondisi eksisiting Terminal Watujaji pada saat ini belum memenuhi standar fasilitas terminal tipe B berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 132 Tahun 2015. Hasil analisis kapasitas berdasarkan kebutuhan luasan diketahui Terminal Watujaji memiliki luas lahan sebesar 8.968,282 m2, sedangkan terminal saat ini memiliki luas lahan sebesar 1.649,03 m2 berdasarkan pengukuran lapangan dan kebutuhan lahan untuk medesign terminal bertipe B sesuai dengan standar Dirjen Perhubungan Darat sebesar 35.000 m2.. Setelah melakukan analisis perspesi penumpang terhadap kinerja terminal dengan metode IPA, diperoleh data bahwa banyak dari pengguna jasa transportasi yang ada di terminal merasa tidak puas akan pelayanan dari beberapa atribut terminal dengan range di bawah dari 50 %, yaitu tempat parkir bus( 44,34%), rambu dan papan informasi (47,62%), kios/kantin(49,70%), angkot (43,34%). Hal ini yang menyebabkan tidak optimalnya fungsi terminal.
Kata kunci : Evaluasi, Kinerja, Terminal bus, Kapasitas, Importance Performance Analisys (IPA)
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
YOSEPH ALVIANO MENGE - Personal Name
|
Student ID |
1606010104
|
Dosen Pembimbing |
ANDI KUMALAWATI - 196310301994122001 - Dosen Pembimbing 1
ELSY E HANGGE - 198103102005012001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Dr. Ir. Hj. Andi Kumalawati, MT - 196310301994122001 - Ketua Penguji
Elsy E Hangge - 198103102005012001 - Penguji 1 Dr. Ruslan Ramang, ST, M.Si - 195901091986031001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
22201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Teknik Sipil
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
222.01 MEN E
|
Copyright |
individu penulis
|
Doi |