Pengelolaan Bumdes Dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Desa Di Desa Umanen Lawalu, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka

Detail Cantuman

Skripsi

Pengelolaan Bumdes Dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Desa Di Desa Umanen Lawalu, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka

XML

BUMDes adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh desa melalui penyertaan langsung yang berasal dari kekayaan desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lain untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat desa. Salah satu misi pemerintah adalah membangun daerah pedesaan yang dapat dicapai melalui pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kreativitas, produktivitas dan keanekaragaman usaha pedesaan, ketersediaan sarana dan fasilitas untuk mendukung ekonomi pedesaan, membangun dan memperkuat institusi yang mendukung rantai produksi dan pemasaran serta mengoptimalkan sumber daya sebagai dasar pertumbuhan ekonomi pedesaan: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Sejauh manakah pengelolaan Bumdes yang ada di Desa Umenen Lawalu, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupeten Malaka? (2) Apakah faktor penghambat dalam pengelolaan Bumdes di Desa Umanen Lawalu, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka?
Penelitian ini merupakan penelitian yuridis empiris di mana penelitian ini dilaksanakan di Desa Umanen Lawalu, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka. Penelitian ini menggunakan pedoman wawancara terhadap 38 narasumber. Data dipaparkan dalam tabel-tabel sederhana dan dianalisis secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan: (1) Pengelolaan BUMDes ini mengalami kemunduran di karenakan rendahnya sumber daya manusia yang tidak bisa mengelolanya dengan baik. (2) Fasilitas sarana dan prasarana yang kurang mendukung dan pengelolaan BUMDes Lituk Umanen Desa Umanen Lawalu masih mengalami kemacetan persoalan dana penyertaan modal. Serta Aspek perencanaan, aspek pelaksanaan, aspek pengawasan dan evaluasi atau pertanggungjawaban belum berjalan dengan baik.

Kata kunci: Faktor penghambat, Pengelolaan, Kesejahteraan, Masyarakat Desa


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
NOVIRNA GETREDA BUNGA - Personal Name
Student ID
1902010655
Dosen Pembimbing
HERNIMUS RATU UDJU - - Dosen Pembimbing 1
YOHANES G TUBA HELAN - 196001101986011002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Saryono Yohanes - 196207121989021000 - Ketua Penguji
Hernimus Ratu Udju - 1961042398901001 - Penguji 1
Yohanes G Tuba Helan - 196001101986011002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 BUN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA