Skripsi
PENERAPAN METODE BERCERITA BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA DAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS I TEMA 3 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 6 SD KATHOLIK LEBAO TENGAH II
XMLSkripsi oleh Meylisa Ana Rambu NIM. 1901140240 Skripsi berjudul“penerapan metode bercerita berbantuan media video pembelajaran dalam meningkatkan kemampuanberbahasa dan karakter peserta didik kelas 1 tema 3 subtema 2 pembelajaran 6 SD Katholik Lebao Tengah II.” Masalah dalam penelitian ini adalah bagimana penerapanmetode bercerita berbantuan media video dalam pemebelajaran untuk meningkatkan hasil belajar kelas dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan penerapanmetode bercerita berbantuan media video pada tema 3 sub tema 2 pembelajaran 6 kelas I SD Katholik Lebao Tengah II. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatifdalam bentuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data yakni obeservasi, dan test dengan subjek 17 orang dengan rincian dia laki-laki 8 orang dansiswa perempuan 9 orang. Penelitian ini diadakan di SD Katholik Lebao Tengah II dengan hasil penelitain menunjukan bahwa pada siklus I, dari 17 orang sebanyak 7 siswa yang tuntas (41%)karenasiswa,mempersiapkadiriuntuk belajar dengan baik, menyimak penjelasan guru mengenai materi kegiatan siang hari dengan baik, dan cara merespon salam, Mempersiapkan diri untuk belajar, Cara memberi motivasi dari guru agar dapatbelajardengan baik, Menayakan materi yang belum dipahami. 10 siswa lainnya( 59%) belum mencapai standar ketuntasan karena peserta didik kurang menyimak penyampaiantopik,tujuandanindikatorpencapaianhasilbelajaryangakan dicapai, cara membaca materi kegiatan siang hari serta mengajukan pertanyaan tantang hal yang belum dipahami dari materi yang diberikan guru, siswa secara tertip dan aktivtasdalamkelompokbelajar,bekerjasamadalam menyelesaikan kelompok yang diberikan, kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan yang diberikan guru, intraksi dan kerjasama antara siswa dan guru, menyimak kesimpulan yang diberikanolehguru,menyimpulkan hasil belajar bersama guru. Ada beberapa hal yang menjadi kekurangan guru pada siklus I yakni: guru harus menguasai mateti yang akan diajarkan, dan guruharusmenyimpulkanpembelajaranyangtelahdipelajari oleh pserta didik, dalam pengumpulkan data dan menganalisis data. Selanjutnya, pada siklus II hasil belajar siswa meningkat yakni: dari 17 siswaterdapat14siswatuntas(82%)karenasiswa,mempersiapkadiriuntukbelajar dengan baik,menyimak penjelasan guru mengenai materi kegiatan siang hari dengan baik, dan cara merespon salam, Mempersiapkan diri untuk belajar, Cara memberi motivasi dari guruagar dapat belajar dengan baik, Menayakan materi yang belum dipahami. sedangkan 3 siswa lainya belum tuntas (18%) kerana peserta didik kurang menyimak penyampaiantopik, tujuan dan indikator pencapaian hasil belajar yang akan dicapai, cara membaca materi kegiatan siang hari serta mengajukan pertanyaan tantang hal yang belum dipahamidari materi yang diberikan guru, siswa secara tertip dan aktivtas dalam kelompok belajar, bekerja sama dalam menyelesaikan kelompok yang diberikan, kemampuan siswa dalammenjawab pertanyaan yang diberikan guru, intraksi dan kerjasama antara siswa dan guru, menyimak kesimpulan yang diberikan oleh guru, menyimpulkan hasil belajar bersamaguru. Berdarkan hasil penelitian diatas disimpulkan bahwa dalam penerapan metode bercerita berbantuan media viedo dalam pemebelajara dapat meningkatkan hasil belajarsiswa dan sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal yang diharapkan peneliti.
Kata kunci: Metode, Bercerita, Media, Video, Berbahasa, Karakter
Detail Information
Item Type |
SKRIPSI
|
---|---|
Penulis |
Meylisa Ana Rambu - Personal Name
|
Student ID |
1901140240
|
Dosen Pembimbing |
Marsi D.S. Bani - 198203142008121001 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Margaret Pula Elisabeth Djokaho - 198103012008122002 - Ketua Penguji
Marsi D. S. Bani - 198203142008121001 - Penguji 1 Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
86206 RAM P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |