Tingkat Kepuasan Pasien Peserta JKN Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Kota Ende, Kabupaten Ende

Detail Cantuman

Skripsi

Tingkat Kepuasan Pasien Peserta JKN Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Kota Ende, Kabupaten Ende

XML

Kepuasan pasien merupakan suatu perasaan yang timbul setelah seseorang menerima suatu pelayanan dan memberikan penilaian terhadap pelayanan yang diterimanya. Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) menjadi salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk memberikan jaminan kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Pada tahun 2019, Puskesmas Kota Ende melakukan survei tingkat kepuasan masyarakat di Puskesmas Kota, dan masih ditemukan adanya keluhan-keluhan yang dirasakan oleh pasien tentang petugas kesehatan yang tidak ramah, acuh tak acuh dengan pasien, petugas yang selalu datang terlambat, pelayanan yang masih berbelit-belit, keadaan lingkungan puskesmas yang masih kotor, ruang tunggu terlalu sempit, antrian loket terlalu lama, dan kurangnya sarana prasana seperti tempat duduk di ruang tunggu dan tidak memiliki tempat parkir. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien peserta JKN terhadap mutu pelayanan di Puskesmas Kota Ende. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan metode survei deskriptif dengan desain penelitian cross-sectional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 99,5% pasien peserta JKN puas terhadap mutu pelayanan yang diberikan . Tingkat kepuasan pasien peserta JKN terhadap dimensi tangible responden puas 92%, dimensi reliability responden puas 95%, dimensi responsiveness responden puas 94,2%, dimensi assurance responden puas 95,85%, dimensi emphaty responden puas 95,85%. Diharapkan bagi Puskesmas Kota Ende untuk lebih komunikatif dan ramah dalam proses pelayanan di Puskesmas Kota Ende, perlu untuk melakukan survey tingkat kepuasan kepada secara berkala, dan tetap meningkatkan mutu pelayanan sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2019 tentang standar pelayanan kesehatan mengatakan bahwa pemenuhan mutu pelayanan dari setiap jenis pelayanan dasar pada SPM kesehatan harus setara dengan 100%.
Kata Kunci: JKN, Kepuasan Pasien, Mutu Pelayanan


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1907010230
Dosen Pembimbing
TADEUS ANDREAS LADA REGALETHA - 197609132003121003 - Dosen Pembimbing 1
MASRIDA SINAGA - 197706162001122001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Tadeus Andreas Lada Regaletha - 197609132003121003 - Ketua Penguji
Masrida Sinaga - 197706162001122001 - Penguji 1
Kenjam Yoseph - 195902271986011001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
13101
Edisi
Published
Departement
Kesehatan Masyarakat
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
132.01 TOK T
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA