PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA 6 CITA-CITAKU SUBTEMA 1 AKU DAN CITA-CITAKU PEMBELAJARAN 1 KELAS 4 SDI OEPURA 2

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA 6 CITA-CITAKU SUBTEMA 1 AKU DAN CITA-CITAKU PEMBELAJARAN 1 KELAS 4 SDI OEPURA 2

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa tema 6 cita-citaku subtema 1 aku dan cita-citaku pembelajaran 1 kelas 4 SDI Oepura 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian Kuantitatif merupakan penelitian yang bekerja dengan data dan angka mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut serta penampilan hasil akhir berupa angka, dengan pendekatan Quasi Eksperimental Desain. Uji validasi yaitu dengan menggunakan menggunakan rumus Korelasi Product Moment. , sedangkan uji reliabilitas data dengan teknik Alfa Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan Separated Varians. Hasil penelitian ini, yaitu: bahwa dari hasil post-test yang telah diperoleh kelas IV A sebagai kelas Eksperimen dengan nilai rata-rata sebesar 75,8830 dan kelas IV B sebagai kelas kontrol dengan nilai rata-rata sebesar 53,3261. Hasil uji pembeda pre-test dan post-test kelas Eksperimen menggunakan Uji Wilcoxon menunjukan rata-rata peningkatannya sebesar 7,00 dan tiles antara pretest dan posttest adalah 0 yang artinya tidak ada siswa yang mendapatkan nilai yang sama. Test Statistics Wilcoxon diketahui nilai Z sebesar -3,181 pada taraf signifikan 5%. Hal ini menunjukan Zhitung lebih kecil dari Ztabel. Sementara hasil perhitungan data
statistik diperoleh, Asymp.Sig (2-tailed) bernilai 0,001. Karena nilai 0,00 lebih kecil dari 0,005 (,001< 0,005), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya ada perbedaan hasil belajar siswa untuk pre-test dan post-test.
Kata kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Mirani Banoet - Personal Name
Student ID
1901140253
Dosen Pembimbing
ANGELIKUS NAMA KOTEN - 196109161987021001 - Dosen Pembimbing 1
MARKUS SAMPE - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Angelikus Nama Koten - 196109161987021001 - Ketua Penguji
Markus Sampe, S.Pd., M.M - - Penguji 1
Drs. Gaspar Melo, S.Pd - 19560624 198703 1 002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 BAN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA