Skripsi
Persepsi Nelayan Dalam Pemasaran Ikan Cakalang Di Pasar Oesapa Kelurahan Oesapa Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang
XMLPersepsi merupakan keterlibatan seseorang yang mendorongnya untuk memberikan sumbangan kepada kelompok maupun individu dalam usaha mencapai tujuan serta turut tanggung jawab terhadap usaha yang bersangkutan. Ikan cakalang merupakan salah satu ikan pelagis besar yang memiliki nilai ekonomi tinggi untuk diperdagangkan secara lokal, antarpulau maupun ekspor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu alur distribusi pemasaran ikan cakalang dan tingkat persepsi nelayan Kelurahan Oesapa dalam pemasaran ikan cakalang. Penelitian dilakukan menggunakan metode obsrvasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Alur distribusi pemasaran Ikan Cakalang dipasar Oesapa Terdapat dua alur. Alur yang pertama mulai dari nelayan kemudian ke pedagang pengumpul ke pengecer lalu ke konsumen. Kemudian alur yang kedua dari nelayan langsung ke konsumen. Tingkat partisipasi dalam proses pemasaran Ikan Cakalang dipasar Oesapa dapat mengindikasikan bahwa nelayan tidak mengalami kerugian selama proses penjulan ikan. Persepsi nelayan terhadap pemasaran ikan cakalang berada dalam kategori Sangat Tingi dengan nilai rata-rata 81%. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat sangat minat terhadap konsumsi ikan cakalang.
Kata Kunci: Persepsi, Nelayan, Ikan Cakalang, Pasar Oesapa, Kota Kupang
Detail Information
Item Type |
SKRIPSI
|
---|---|
Penulis |
ARTOLDUS TUBA WEA - Personal Name
|
Student ID |
1713020053
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Lebrina Ivantry Boik - 19880228 201903 2 02 - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI |
54242
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Manajemen Sumberdaya Perairan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
542.42 Wea P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |