FAKTOR PENYEBAB MASYARAKAT MEMBELI PAKAIAN BEKAS DI PASAR INPRES NAIKOTEN 1 (STUDI KASUS PADA PEMBELI PAKAIAN BEKAS DI PASAR INPRES NAIKOTEN 1 KOTA KUPANG)

Detail Cantuman

Skripsi

FAKTOR PENYEBAB MASYARAKAT MEMBELI PAKAIAN BEKAS DI PASAR INPRES NAIKOTEN 1 (STUDI KASUS PADA PEMBELI PAKAIAN BEKAS DI PASAR INPRES NAIKOTEN 1 KOTA KUPANG)

XML

Judul penelitian ini adalah “FAKTOR PENYEBAB MASYARAKAT MEMBELI PAKAIAN BEKAS DI PASAR INPRES NAIKOTEN 1” (STUDI KASUS PADA PEMBELI PAKAIAN BEKAS DI PASAR INPRES NAIKOTEN 1 KOTA KUPANG)” Masyarakat adalah sekelompok makhluk hidup yang terjalin erat karena sistem tertentu, tradisi tertentu, konvensi, dan hukum tertentu yang sama, serta mengarah pada kehidupan kolektif. Sistem dalam masyarakat saling berhubungan antara satu manusia dengan manusia lainnya yang membentuk suatu kesatuan. Masyarakat terbagi menjadi dua golongan utama, yakni penguasa atau pengeksploitasi dan yang dikuasai atau yang dieksploitasi. Masyarat dengan berbagai karakteristik budaya yang melekat secara khas pada setiap kelompok masyarakat dan di dorong oleh perkembangan dunia yang berubah begitu cepat dan kehidupan zaman sekarang berkembang dibawah pengaruh ilmu teknologi dan pemikiran rasional. Hal ini tidak terlepas dari pengaruh globalisasi yang melanda dunia, yaitu suatu keadaan yang dipaksakan dari negara-negara maju kepada negara-negara berkembang untuk diikuti. Salah satunya model pakaian bekas. pakaian bekas ini banyak diminati oleh masyarakat, termasuk masyarakat kota kupang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Faktor-faktor apa saja yang menyebabkan masyarakat kota Kupang untuk membeli pakaian bekas? Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor apa saja yang menyebabkan masyarakat kota Kupang untuk membeli pakaian bekas. Penelitian ini menggunakan teori pilihan rasional (James Colleman). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang dan teknik penarikan informan dilakukan secara accidental sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Faktor Penyebab Masyarakat Membeli Pakaian Bekas Di Pasar Inpres Naikoten I Kota Kupang dikarenakan 2 faktor utama yaitu: faktor internal dan faktor eksternal. Pada faktor internal terdiri dari; (1) gaya hidup; (2) Penampilan Menarik; (3) Ajakan Teman Sedangkan pada faktor eksternal, terdiri dari; (1) Harga; (2) Kualitas dan (3) Tren Mode. Dari hasil penelitian tersebut peneliti menarik kesimpulan bahwa ada banyak faktor yang menyebabkan masyarakat untuk membeli pakaian bekas. Peneliti juga menyarankan kepada masyarakat pengguna pakaian bekas terkhusus di pasar inpres Naikoten I kota Kupang boleh saja menggunakan pakaian dari luar akan tetapi tetaplah mencintai dan tidak merusak produk dalam negeri dan jangan berlebihan karena ketika menggunakan pakaian bekas ini dapat membawa pengaruh terhadap gaya hidup berpakaian yang kebarat-baratan.
Kata Kunci: Penyebab, Masyarakat, Membeli, Pakian Bekas, Pasar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Yenry Mata Hine - Personal Name
Student ID
1603030010
Dosen Pembimbing
Hildigardis M. I. Nahak - 197905012006042001 - Dosen Pembimbing 1
Aelshtri Ndandara - 1983080120091220006 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Hildigardis M I Nahak - 197905012006042001 - Ketua Penguji
Aelshtri Ndandara - 1983080120091220069 - Penguji 1
Lenny Sofia Bire Manoe - 198009152005012003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Hin F
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA