MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI SDI BERTINGKAT OEPURA 4 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI SDI BERTINGKAT OEPURA 4 KUPANG

XML

Skripsi oleh Gaudensia Yuliana Mbere, Nim 1901140147, PGSD tahun 2023 dengan Judul "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di SDI Bertingkat Oepura 4 Kupang". Rumusan masalah "Bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran tipe Jigsaw di SDI Bertingkat Oepura 4 Kupang?". Tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SDI Bertingkat Oepura dengan menggunakan model pembelajaran tipe Jigsaw. Teknik pengumpulan data yaitu, teknik observasi dan studi dokumen. Teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif dengan mencari presentase dari data yang telah dikumpulkan dan kemudian diklarifikasikan kedalam rumusan yang telah ditetapkan.Penelitian ini dilaksanakan di SDI Bertingkat Oepura 4 Kupang,dengan hasil penelitian menunjukan bahwa pada pembelajaran Siklus 1 dari 27 siswa yang tuntas atau memenuhi standar KKM yang ditentukan 70 sebanyak 14 orang siswa (51,84%). Ketuntasan dari 14 orang siswa karena memperhatikan penjelasan Guru, tidak bermain saat pembelajaran berlangsung, mau bekerja sama dengan anggota kelompok, Mampu megerjakan LKPD, Menyelesaikan Soal Tes dengan Benar. Hal ini karena guru mampu mengorganisir siswa di dalam kelas pada saat pembelajaran berlangsung. Sedangkan 13
orang siswa tidak tuntas (48,14%) karena belum memperhatikan penjelasan guru, bermain saat pembelajaran berlangsung, tidak mau bekerja sama dengan anggota kelompok, tidak mampu mengerjakan LKPD, Tidak dapat mengerjakan Soal Tes dengan Benar. Hal ini bisa disebabkan oleh faktor dari guru. Dimana guru dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa hanya banyak berbahasa lisan atau menggunakan metode ceramah, kurang memanfaatkan media pembelajaran dengan baik dalam pembelajaran di
kelas, Belum melaksanakan Pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah Pembelajaran, dan belum membagi siswa yang tertib sehingga menyebabkan siswa kurang mampu
memahami materi pelajaran yang telah disajikan oleh guru. Selanjutnya Pada siklus II siswa yang tuntas 27 orang dengan presentase 100%, hal ini karena siswa telah menguasai materi, memperhatikan penjelasan guru dan menjawab soal tes dengan baik, sedangkan guru sudah mulai memanfaatkan media, menyampaikan pembelajaran dengan
baik dan melaksanakan pembelajaran sesuai langkah-langkah model pembealajaran.Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran suhu dan kalor melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dengan terjadinya peningkatan nilai maksimal siswa
pada siklus II yakni 100% dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sangat efektif.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran, Model Jigsaw


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Gaudensia Yuliana Mbere - Personal Name
Student ID
1901140147
Dosen Pembimbing
ANDREAS ANDE - 19621010198903 1 004 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Penguji 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
86206 MBE M
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA