PERAN GURU DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER TOLERANSI SISWA SDI BERTINGKAT KELAPA LIMA 2 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PERAN GURU DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER TOLERANSI SISWA SDI BERTINGKAT KELAPA LIMA 2 KUPANG

XML

Skripsi oleh Rosalinda Rosari Meak (1901140231) dengan judul Peran Guru Dalam Upaya Pembentukan Karakter Toleransi Siswa SDI Bertingkat Kelapa Lima 2 Kupang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran guru sebagai pengajar dalam mengajarkan nilai-nilai toleransi pada siswa multikultural di SDI Bertingkat Kelapa Lima 2 Kupang, Bagaimana peran gru sebagai pendidik dalam mendidik nilai karakter toleransi di SDI Bertingkat Kelapa Lima 2 Kupang, Bagaimana peran guru sebagai pelatih dalam melatih kebiasaan hidup bertoleransi di SDI Bertingkat Kelapa Lima 2 Kupang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan peran guru sebagai pengajar dalam mengajarkan nilai-nilai toleransi pada siswa multikultural di SDI Bertingkat Kelapa Lima 2 Kupang, untuk mendeskripsikan peran guru sebagai pendidik dalam mendidik nilai karakter toleransi di SDI Bertingkat Kelapa Lima 2 Kupang, untuk mendeskripsikan peran guru sebagai pelatih dalam melatih kebiasaan hidup bertoleransi di SDI Bertingkat Kelapa Lima 2 Kupang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Triangulasi. Teknik analisis data menggunakan analisis Miles dan Hubermen (reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa, guru-guru.Penelitian ini diadakan di SDI Bertingkat Kelapa Lima 2 Kupang, dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Peran guru sebagai pengajar dalam mengajarkan nilai-nilai toleransi pada siswa multikultural seperti siswa yang tidak menghormati dan menghargai perbedaan, tindakan pemberian pemahaman akan nilai dan norma, penguatan positif, kerjasama antar siswa, serta tindakan kuratif meliputi pendekatan pribadi, pemberian nasehat, ancaman, dan hukuman. (2). Peran guru sebagai pendidik dalam mendidik nilai-nilai karakter toleransi seperti bertutur kata, bertingkah laku, dan berterinraksi dengan lingkungannya, dapat ditangani dengan menanamkan hal yang baik, aturan/tata tertib sekolah, pendekatan pribadi. (3). Peran guru sebagai pelatih dalam melatih kebiasaan hidup bertoleransi, kurangnya sikap sopan santun, bullying, dapat ditangani dengan memberikan bimbingan, melakukan kegiatan ekstrakurikuler. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa peran guru setelah terbukti mampu mereduksi sikap intoleran di lingkungan sekolah.

Kata Kunci : Peran Guru, Karakter Toleransi


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ROSALINDA ROSARI MEAK - Personal Name
Student ID
1901140231
Dosen Pembimbing
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 1
Martha Kristin Kota - 990000 7842 - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Ketua Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Mea P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA