Skripsi
STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TANI SAWI HIJAU PADA J.I. HIDROPONIK KELURAHAN LILIBA, KECAMATAN OEBOBO KOTA KUPANG
XMLPenelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui permasalahan yang dihadapi dalam melaukan usaha tani sawi hijau, 2) mengidentifikasi aspek internal dan eksternal pada usaha tanisawi hijau dengan sistem hidroponik, 3) mengetahui strategi pengembangan usaha tani sawi hijau di J.I. hidroponik. Dalam Penentuan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive) dengan jumlah sampel sebanyak 20 (dua puluh) responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode survey, observasi, wawancara dan kuesioner, metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif – kualitatif dan analisis SWOT. Hasil penelitian adalah 1) Perusahaan J. I. Hidroponik adalah perusahaanyang Mengembangkan sawi hijau dengan sistem hidroponik dengan memanfatakaan lahan yang kecil 2) Faktor internal di perusahaan J.I. Hidroponik yang menjadi kekuatan paling besar adalah Perusahaaan J.I. Hidroponik sudah memiliki ijin usaha dan Perusahaan J.I. Hidroponik juga siap menerima pesanan dalam jumlah banyak atau besar; kelemahan yaitu Kurangnya perhatian dari pemerintah, berkaitan dengan sosialisasi terkait pengembanggan sawi hijau. Faktor eksternal yang menjadi peluang adalah Kepemilikian usaha memudahkan perusahaan mendapat pinjaman dari luar perusahaan dan yang menjadi ancaman adalah cuaca atauiklim sangat berpengaruh dan memperlambat produksi sayur sawi hijau 3) Strategi yang diterapkan guna pengembangaan sawi hijau di perusahaan J.I.Hidroponik adalah: Memperbesar market share dan memperbesar jaringanpenjualan. Peningkatan penjualan melalui media sosial, meningatakan efesensi, perlu mendapatakan sosilisasi dari pemerintah untuk peroses pengembangaan sawi hijau, tetap menjaga kualitas sayur sawi hijau, menjalin kerjasama dengan perusahaan lain, mengoptimalakan teknologi untuk promosi, meningatakan dan mengoptimalakan sawi hijau dengan baik, menambah jenis sayuran sebagai upaya diverifikasi produk dan peningakatan pendapatan meningkatkan teknologi promosi seperti menggunakan media sosial sebagai alat promosi, memperluas jaringan pemasaran
, menambah peralatan untuk meningatakan hasil produksi.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
SIRILUS .N. GANDUT - Personal Name
|
Student ID |
1904020199
|
Dosen Pembimbing |
SERMAN NIKOLAUS - 19591024 198607 1 001 - Dosen Pembimbing 1
MARIA FRANSISKA DARLEN - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
SERMAN NIKOLAUS - 19591024 198607 1 001 - Ketua Penguji
MARIA FRANSISKA DARLEN - - Penguji 1 Alfetri N P Lango - 195907171986031003 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
54201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Agribisnis
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
542.01 Gan S
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |