Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Kupang

XML

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam belajar di kelas VII SMPN 6 kupang..?. Kendala apa saja yang dihadapi guru dalam menerapkan Model
Pembelajaran Berbasis Masalah dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam belajar di kelas VII SMPN 6 Kupang..?. Bagaimana kemampuan berpikir ktitis siswa setelah menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah ..?
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mendiskripsikan bagamana penerapan model pembelajaran berbasis masalah di kelas VII SMPN 6 kupang. Untuk mendeskripsikan Kendala apa saja yang dihadapi guru dalam menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dalam
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam belajar di kelas VII SMPN 6 Kupang. Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa setelah menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif yaitu meneliti suatu objek dengan menghimpun, mengamati, menggambarkan dan menganalisis data dan fakta serta menarik kesimpulan sesuai dengan tujuan penelitian. Data yang dikumpulkan baik data primer maupun sekunder yang diperoleh dari lapangan dalam bentuk kalimat yang jelas sehingga mudah dipahami. penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian adalah kepala sekolah, guru PPKn dan siswa-siswi kelas VII SMP Negeri 6 Kupang.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran berbasisl masalah dalam pembelajaran PPKn dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa bisa dibilang cukup berhasil dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis khususnya dalam
bidang merumuskan masalah, mampu bertanya dan menjawab pertanyaan, mempunyai pemikiran yang kritis dan logis dalam menganalisis masalah, kemudian mampu mencari informasi yang relevan serta mampu menyimpulkan hasil presentasi. Kendala dalam meningkatkan kemampuan bepikir kritis siswa bersal dari kendala internal yang berupa karkter siswa yang malas dan kendala ekternal yaitu suasana kelas yang kurang menarik. Jadi solusi untuk mengatasi kendala-kendala tersebut guru harus bisa melakukan pendekatan kepada siswa dalam mengubah karakter siswa dan menciptakan suasana kelas yang menari bagi siswa


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Hansen Yustus Lekalong - Personal Name
Student ID
1901070078
Dosen Pembimbing
Dorcar Langgar - 195809031986012001 - Dosen Pembimbing 1
MARSI DEVID SETYAWAN BANI - 198203142008121001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Thomas Kemil Masi - 199205302022031009 - Ketua Penguji
Dorcas Langgar - 195809031986012001 - Penguji 1
Marsi Devid Setyawan Bani - 198203142008121001 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 Ong P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA