Penggunaan Model Pembelajaran Inquiri Pada Pembelajaran Tema 5 Subtema 2 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres Mnelalete Kabupaten TTS

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Pembelajaran Inquiri Pada Pembelajaran Tema 5 Subtema 2 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres Mnelalete Kabupaten TTS

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran inquiri pada pembelajaran tentang tema 5 pahlawanku subtema 2 pahlawanku kebanggaanku tentang sifat-sifat cahaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Mnelalete. Dengan subjek penelitian 24 orang siswa, 10 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif dan bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data yakni teknik observasi, teknik tes, dan studi dokumentasi. Data yang telah diperoleh diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Mnelalete dengan hasil penelitian menunjukan bahwa siklus I dari 24 subjek penelitian 15 orang yang tuntas dengan presentase ketuntasan sebesar 62,5% karena siswa memperhatiakan penjelasan guru, selalu berpartisipasi aktif dalam diskusi kelompok sesuai langkah-langkah model pembelajaran inquiri, sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 9 orang dengan presentase ketuntasan 37,5% karena guru belum menguasai kelas dengan baik, guru belum sepenuhnya menguasai langkah-langkah model inquiri, siswa belum terbiasa dengan model pembelajaran inquiri, dan siswa kurang bersungguh-sungguh dalam mengerjakan soal yang diberikan. Selanjutnya siklus II mengalami peningkatan, hal ini dibuktikan dari 24 orang siswa, 22 siswa orang tuntas dengan presentase ketuntasan sebesar 91,67% dimana 21 orang siswa memperoleh nilai rata-rata 87,5% pada kategori baik sekali, 1 orang siswa dengan nilai rata-rata 4,17% pada kategori baik karena siswa sudah terbiasa dengan menggunakan model pembelajaran inquiri dengan baik. Sedangkan 2 orang siswa yang tidak tuntas dengan presentase ketuntasan sebesar 8,33% karena siswa masih kurang aktif dalam diskusi kelompok dan kurang teliti dalam mengerjakan soal yang berikan.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Inquiri, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Maria Ariasti Nubatonis - Personal Name
Student ID
1901140312
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Silvester P. Taneo, S.Pd, M.Si- NIP. 19601126 198803 1 005 - - Ketua Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 1
Andreas Ande - 196210101989031004 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 NUB P
Copyright
individu penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA