Efektivitas Fungsi Dan Kewenangan Kementerian Hukum Dan HAM Bidang Kekayaan Intelektual Kanwil NTT Serta Upaya Pencegahan Terhadap Pelanggaran Hak Atas Kekayaan Intelektual Di Provinsi Nusa Tenggara Timur

Detail Cantuman

File Skripsi

Efektivitas Fungsi Dan Kewenangan Kementerian Hukum Dan HAM Bidang Kekayaan Intelektual Kanwil NTT Serta Upaya Pencegahan Terhadap Pelanggaran Hak Atas Kekayaan Intelektual Di Provinsi Nusa Tenggara Timur

XML

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dibuat oleh manusia diikuti dengan semakin banyaknya karya kekayaan intelektual yang lahir dari kreatifitas dan inovasi manusia. Hal ini harus disertai dengan peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendaftaran dan perlindungan hukum terhadap karya intelektual tersebut. Dari latar belakang tersebut Penulis melakukan penelitian tentang Efektivitas dan Upaya pemerintah dalam hal ini Kanwil Kemenkumham NTT untuk memberikan perlindungan dan penegakan hukum terhadap Kekayaan Intelektual di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Permasalahan pokok dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimanakah efektifitas fungsi dan kewenangan Kementerian Hukum dan HAM dibidang Hak Kekayaan Intelektual di Provinsi Nusa Tenggara Timur? (2) Bagaimanakah upaya Kementerian Hukum dan HAM bidang Hak Kekayaan Intelektual Kanwil NTT dalam pencegahan pelanggaran terhadap Hak Kekayaan Intelektual?
Penelitian ini merupakan penelitian yuridis Empiris yang dilaksanakan di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Nusa Tenggara Timur. Data-data didapatkan dengan melakukan wawancara dan obeservasi di lapangan. Data yang didapatkan dalam penelitian ini dianalisis menggunakan analisis Prespektif.
Hasil penelitian mendapatkan bahwa (1) Fungsi dan kewenangan Kanwil Kemenkumham bidang Kekayaan Intelektual Provinsi Nusa Tenggara Timur seperti yang terdapat dalam pasal 45 ayat (2) Permenkumham 35 Tahun 2018 didapati sudah efektif namun belum optimal (2) Upaya yang dilakukan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM dalam pencegahan pelanggaran di Provinsi Nusa Tenggara Timur terdiri dari:
(a) pelaksanaan sertifikasi pusat perbelanjaan yang berbasis kekayaan intelektual, (b) fasilitasi pendaftaran Kekayaan Intelektual masyarakat Nusa Tenggara Timur, (c) program pemantauan atau pengawasan Kekayaan Intelektual terdaftar.
Kata Kunci: Kekayaan Intelektual, Efektivitas, Pencegahan Pelanggaran, Kanwil Kemenkumham Nusa Tenggara Timur


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Beriman Zega - Personal Name
Student ID
1902010482
Dosen Pembimbing
Penguji
Dr. Orpa J Nubatonis, S.H., M.H - - Ketua Penguji
Agustinus Hedewata, S.H., M.Si., M.Hum. - 19590828 198603 1 004 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
74201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang, Nusa Tenggara Timur.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 ZEG E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA