PENERAPAN CARA BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) DALAM PELAJARAN TENTANG TEMA 5 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 1 MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS V SDI OENASI SO’E TTS

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN CARA BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) DALAM PELAJARAN TENTANG TEMA 5 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 1 MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS V SDI OENASI SO’E TTS

XML

Adapun rumusan masalah peneliti ini adalah Bagaimana Penerapan Cara Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Dalam Pelajaran Tentang Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 1 Melalui Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas V SDI Oenasi So’e TTS. Dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Oenasi Soe TTS materi Ekosistem dan Teks nonfiksi melalui penerapan model problem based learning(PBL). Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahap sebagai berikut : perencanaan,pelaksanaan,observasi dan tes serta refleksi. Adapun subyek peneliti ini adalah siswa/I kelas V berjumlah 23 orang dengan rincian 11 laki-laki 12 perempuan.pengumpulan data dilakukan dengan teknik
observasi dan tes . data yang dikumpul diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Inpres Oenasi Soe TTS, dengan hasil penelitian menunjukan bahwa siklus I dari 23 siswa yang tuntas 11 orang (47,82%),tuntas karena memperhatikan penjelasan guru dengan baik,tidak mengganggu teman,mau bekerja sama dalam kelompok dengan baik,mau menyelesaikan LKPD,dapat melaporkan hasil diskusi di depan kelas ,menangkap materi yang diajarkan dengan baik sehingga hasil tes meningkat dengan baik;dari guru,guru telah menjelaskan materi sesuai dengan isinya,membimbing siswa pada waktu berdiskusi,menjelaskan langkah-langkah diskusi kelompok,menjelaskan LKPD sesuai dengan langkah-langkahnya. Selanjutnya yang tidak tuntas 12 orang (52,17%) tidak tuntas karena tidak memperhatikan penjelasan guru dengan baik,suka mengganggu teman saat pembelajaran berlangsung,tidak aktif berdiskusi kelompok,tidak menyelesaikan LKPD dengan baik,tidakpercaya diri dalam mempresentasikan hasil diskusi didepan kelas,tidak menangkap materi yang diajarkan dengan baik sehingga hasil tes rendah. Hasil penelitian pada siklus II menunjukan bahwa dari 23 siswa yang tuntas 19 orang (82,61%). Selanjutnya yang tidak tuntas 4 orang (17,39%), tidak tuntas karena tidak memperhatikan penjelasan guru dengan baik, tidak aktif dalam berdiskusi kelompok, tidak menangkap materi yang diajarkan dengan baik sehingga hasil tes rendah.Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbasis HOTS materi ekosistem dan teks nonfiksi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Oenasi Soe TTS.
Kata kunci: Problem Based Learning, High Order Thingking Skill, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Sonima Nau - Personal Name
Student ID
1901140301
Dosen Pembimbing
Petrus Ly - 1959121119861002 - Dosen Pembimbing 1
MARKUS SAMPE - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Petrus Ly, M.Si - 19591211 198601 1 002 - Ketua Penguji
Markus Sampe, S.Pd., M.M - - Penguji 1
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 NAU P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA