Perancangan Pusat Pelatihan Dan Pengembangan Atlet Pencak Silat Perisai Diri Di Kabupaten Ngada

Detail Cantuman

Skripsi

Perancangan Pusat Pelatihan Dan Pengembangan Atlet Pencak Silat Perisai Diri Di Kabupaten Ngada

XML

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki olahraga belah diri pencak silat yang telah berkembang sejak abad ke – 7 Masehi sampai saat ini. Salah satu provinsi di Indonesia yaitu Nusa Tenggara Timur tengah mengalami perkembangan seni bela diri dengan cukup baik. Ini dikarenakan perguruan pencak silat salah satunya perguruan Perisai Diri memiliki peminat yang cukup banyak terkhususnya di Kabupaten Ngada yang telah memiliki beberapa cabang dan telah tersebar di seluruh Kabupatennya dengan jumlah anggota yang bervariasi dan prestasi yang menjanjikan. Perkembangan pencak silat serta prestasi yang didapatkan oleh perguruan pencak silat Perisai Diri di Kabupaten Ngada tidak sejalan dengan perkembangan fasilitas – fasilitas pendukung kegiatan pelatihan. Hal ini dilihat dari kegiatan pelatihan yang selalu dilakukan di tempat atau lokasi yang tidak resmi juga tidak menentu, sehingga sering terjadi kendala dalam proses pelatihan. Latar belakang ini yang kemudian menjadi langkah awal dalam merancang Pusat Pelatihan dan Pengembangan Atlet Pencak Silat Perisai Diri di Kabupaten Ngada.
Perancangan Pusat Pelatihan dan Pengembangan Atlet Pencak Silat Perisai Diri di Kabupaten Ngada ini menerapkan prinsip dari arsitektur neo vernakular dengan fokus utamanya menciptakan bangunan yang dapat mewadahi semua kegiatan pelatihan pencak silat Perisai Diri dan juga untuk memberikan karakter arsitektur yang lebih modern tanpa harus menghilangkan beridentitas dari budaya Ngada.
Hasil dari perancangan ini berupa Pusat Pelatihan dan Pengembangan Atlet Pencak Silat Perisai Diri di Kabupaten Ngada dengan fasilitasnya meliputi fasilitas pelatihan dan pengembangan, fasilitas pertandingan, dan fasilitas asrama atau wisma atlet. Merancang tata site, ruang dan bangunan yang tanggap terhadap budaya setempat dengan desain yang memfokuskan pada karakteristik arsitektur neo vernakular.

Kata kunci : Silat Perisai Diri, Arsitektur Neo Vernakular


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1706090039
Dosen Pembimbing
YOHANES WILHELMUS DOMINIKUS KAPILAWI - 197406252008121003 - Dosen Pembimbing 1
Debri A. Amabi - 880923419 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Aplimon Jerobisonif - 197704042006041002 - Ketua Penguji
Yohanes Wilhelmus Dominikus Kapilawi - 197406252008121003 - Penguji 1
Debri A. Amabi - 8809323419 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
23201
Edisi
Published
Departement
Arsitektur
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
232.01 FON P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA