Penerapan Model Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda Di Kelas V SD Negeri Lelogama Kabupaten Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda Di Kelas V SD Negeri Lelogama Kabupaten Kupang

XML

Hasil penelitian ini dilakukan oleh Oriana Susana Leba PGSD 2023 Nomor Induk Mahasiswa 1901140285 dengan judul "Penerapan Model Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda di kelas V SD Negeri Lelogama Amfoang Selatan Kabupaten Kupang". Dengan rumusan masalahnya : Bagaimana menerapkan model inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang perubahan wujud benda di kelas V SD Negeri Lelogama Amfoang Selatan Kabupaten Kupang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan pelaksanaan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, dengan mengambil lokasi penelitian di SDN Lelogama Amfoang Selatan Kabupaten Kupang. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 20 orang.
Penelitian ini diadakan di SD Negeri Lelogama, dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I sebanyak 15 siswa (75 %) dari 20 subjek tuntas dengan nilai rata-rata 79,20 karena selalu mendengarkan atau memperhatikan guru, selalu menjawab pertanyaan dari guru, dan aktif berdiskusi dengan teman sekelompoknya. Sedangkan, 5 orang lainnya dari 20 subjek (25 %) belum mencapai standar ketuntasan kerena siswa kurang paham tentang model pembelajaran inquiry. Kebanyakan siswa bermain dengan alat dan bahan uji, kurang perhatian ketika sedang berdiskusi, kurang percaya diri dalam menyampaikan hasil kerja, dan kurang bertanggung jawab dalam tugas kelompok yang diberikan oleh guru. Selanjut nya pada siklus II hasil belajar siswa meningkat Yakni dari 20 subjek peroleh nilai rata- rata 82,40, 20 siswa tuntas dengan ketuntasan 100% karena selalu memusatkan perhatian, aktif dalam kelas, lebih percaya diri pada saat berdiskusi dan menyampaikan hasil diskusi, selalu bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas kelompok, dan tertib pada saat proses belajar mengajar berlangsung.
Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa dalam penerapan model pembelajaran inquiri pada tema 7 peristiwa dalam kehidupan subtema 1 peristiwa masa penjajahan dengan materi pokok perubahan wujud benda, dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal yang diharapkan peneliti.
Kata kunci : model pembelajaran inquiri, wujud benda, hasil belajar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ORIANA SUSANA LEBA - Personal Name
Student ID
1901140285
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Ketua Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 LEB P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA