PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 KOTA KUPANG

XML

Selfiana Amsele, 1801040010. Penerapan Model Discovery Learning di Kelas XF Dengan Materi Klasifikasi Makhluk Hidup untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di SMAN 6 Kota Kupang. Program Studi Pendidikan Biologi. Dibimbing oleh Yusnaeni dan Mbing

Penelitian ini menggunakan Model Discovery Learning dengan Materi Klasifikasi Makhluk Hidup menimbulkan pembahasan bagaimana dengan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan demikian tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan yang meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XF dengan jumlah siswa 23 orang yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 14 siswi perempuan. Analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi dan kajian dokumen.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning pada materi klasifikasi makhluk hidup dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XF SMA Negeri 6 Kupang. Terbukti dari aktivitas guru pada siklus I rata-rata skor 6,75 dengan presentase 84,37% dan aktivitas siswa rata-rata skor 6,50 dengan presentase 81, 25%. Pada siklus II rata-rata skor aktivitas guru 7,50 dengan presentase 93,75% dan aktivitas siswa rata-rata skor 7,25 dengan presentase 90,62%. Hasil belajar siswa terlihat dari rata-rata skor siklus I 65,20 dengan presentase 39,13% pada siklus II meningkat menjadi rara-rata skor 80,65 dengan presentase 91,30%.

Kata Kunci: Model discovery learning, aktivitas, dan hasil belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Selfiana Amsele - Personal Name
Student ID
1801040010
Dosen Pembimbing
YUSNAENI - 197502032000122001 - Dosen Pembimbing 1
MBING MaRIA IMAKULATA - 196507251993032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Angela Gabriela Lika - - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 Ams P
Copyright
Individu Penulis
Doi
0

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA