Penanaman Nilai Karakter Toleransi Dan Nasionalisme Dalam Pembelajaran PPKN Berdiferensiasi Pada Siswa Kelas V Di SDN Nefosene Kabupaten Timor Tengah Utara

Detail Cantuman

Skripsi

Penanaman Nilai Karakter Toleransi Dan Nasionalisme Dalam Pembelajaran PPKN Berdiferensiasi Pada Siswa Kelas V Di SDN Nefosene Kabupaten Timor Tengah Utara

XML

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui upaya penanaman nilai karakter toleransi dan nasionalisme dalam pembelajaran PPKn berdiferensiasi pada siswa kelas V SDN Nefosene, jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti mendeskripsikan suatu keadaan yang terjadi secara alamiah dalam bentuk kata-kata dan tindakan berdasarkan hasil pengumpulan data deskriptif berupa observasi, wawancara, dan Subjek dalam penelitian adalah guru wali kelas V dan seluruh siswa kelas V SDN Nefosene dengan jumlah 14 orang. Uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji kredibiltas data triangulasi. Triangulasi dalam pengujian kredibiltas ini diartikan sebagai pengecekan data berbagai sumber dengan berbagai cara, dan berbagai waktu. Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Penelitian ini dilakukan di SDN Nefosene, Desa Sone Kabupaten Timor Tengah Utara. Dengan hasil penelitian menunjukkan upaya pola penanaman dan pembiasaan dalam menanamkan karakter toleransi dan nasionalisme diintegrasikan dalam Rancangan Pembelajaran dalam muatan pembelajaran PPKn berdiferensiasi melalui beberapa kegiatan pada saat pembelajaran sedang berlangsung. Pola penanaman karakter toleransi dan nasionalisme diupayakan mulalui keteladanan, aturan-aturan sekolah, kegiatan awal pembelajaran, kegiatan inti pembelajaran, kegiatan penutup pembelajaran dengan pembiasaan guru memberikan contoh yang baik agar dapat ditiru oleh siswa, melakukan apel pagi dan berdoa bersama, membiasakan siswa untuk memiliki sikap hormat kepada sesama seperti menghargai pendapat teman, membiasakan siswa untuk berteman tanpa membeda-bedakan, menyanyikan lagu-lagu kebangsaan, bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa di SDN Nefosene guru telah menuliskan serta mengintegrasikan karakter toleransi dan nasionalisme di dalam RPP serta guru melaksanakan pendidikan kaakter toleransi dan nasionalisme dalam muatan pembelajaran PPKn berdiferensiasi di kelas. Hasil yang diperoleh siswa adalah sebelumnya siswa belum memahami karakter toleransi dan nasionalisme namun setelah melakukan upaya penanaman karakter melalui pola penanaman serta pembiasaan siswa menjadi lebih paham dan mampu menerapkan karakter toleransi dan nasionalisme di dalam kehidupan mereka sehari-hari.
Kata Kunci : Pembelajaran Berdiferensiasi, PPKn, Karakter


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MARIA HERLINA NESI - Personal Name
Student ID
1901140015
Dosen Pembimbing
Petrus Ly - 19591211986011002 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Marsi D. S. Bani - 198203142008121001 - Ketua Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Penguji 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 NES P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA