Perancangan Sekolah Luar Biasa Di Kabupaten Malaka Dengan Pendekatan Arsitektur Modern Fungsionalisme

Detail Cantuman

Skripsi

Perancangan Sekolah Luar Biasa Di Kabupaten Malaka Dengan Pendekatan Arsitektur Modern Fungsionalisme

XML

Pemerintah Republik Indonesia mengamanatkan agar setiap warga negara indonesia berhak mendapatkan pendidikan. pendidikan berkualitas didasari dengan fasilitas pendidikan yang memadai terutama untuk anak-anak yang berkebutuhan khusus. Kabupaten Malaka tepatnya di provinsi Nusa Tenggara Timur belum tersedia sekolah untuk anak berkebutuhan khusus atau Sekolah Luar Biasa Untuk itu perlu adanya Sekolah Luar Biasa di Kabupaten Malaka untuk mewadahi proses belajar mengajar bagi anak-anak yang berkebutuhan khusus secara fisik. Perancanngan sekolah luar biasa di Kabupaten Malaka menggunakan pendekatan arsitektur modern fungsionalisme sebagai acuan perancangan. Metode perancangan diawali dengan pengumpulan data baik data primer dan data sekunder dari hasil observasi dan studi pustaka. Data yang terkumpul akan dianalisis dan dipilah menjadi satu kesatuan yang dikelola untuk menghasilkan konsep perancangan dan hasil desain. Pada perancangan sekolah luar biasa menerapkan Arsitektur modern fungsionalisme dengan mengedapankan lima prinsip dasar menurut Le Corbusier yaitu: pilotis, free plan, free fasade, the horizontal window dan roof garden. Pilotis diterapkan pada bangunan pengelola, yang difungsikan sebagai area parkir dan drop off, free plan diterapkan pada setiap denah bangunan sehingga menghasilkan denah sesuai fungsi dan kebutuhan serta tidak dipengaruhi oleh struktur kolom bangunan, free fasade diterapkan pada setiap bangunan sehingga menghasilkan fasad bangunan yang tidak menempel pada kolom, the horizontal window diterapkan pada setiap bangunan sesuai kebutuhan untuk mendapatkan pencahayaan dan penghawaan alami dalam ruangan, roof garden diterapkan pada atap bangunan SDLB-B yang dimanfaatkan sebagai taman untuk para guru, dan sebagian atap bangunan SMPLB dan SMALB yang dimanfaatkan sebagai taman bagi para siswa di lantai 2.

Kata kunci: Sekolah Luar Biasa, Kabupaten Malaka, Arsitektur Modern Fungsionalisme.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MARSELINUS SERAN NAHAK - Personal Name
Student ID
1706090051
Dosen Pembimbing
I Gusti Ngurah W. Hardy - 198805092018031001 - Dosen Pembimbing 1
YOHANES WILHELMUS DOMINIKUS KAPILAWI - 197406252008121003 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Imanuel N Mbake - 198612232019031009 - Ketua Penguji
I Gusti Ngurah Wiras Hardy - 198805092018031001 - Penguji 1
Yohanes Wilhelmus Dominikus Kapilawi - 197406252008121003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
23201
Edisi
Published
Departement
Arsitektur
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
232.01 NAH P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA