Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Tentang Tema 6 Subtema 4 Pembelajaran 3 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 SD Negeri Siki Kabupaten Timor Tengah Selatan

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Tentang Tema 6 Subtema 4 Pembelajaran 3 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 SD Negeri Siki Kabupaten Timor Tengah Selatan

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Project Based Learning tentang Tema 6 subtema 4 Pembelajaran 3 dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Siki Kabupaten Timor Tengah Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang di laksanakan dalam dua siklus dengan langkah-langkah sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III yang berjumlah 16 orang. Instrumen pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes hasil belajar. Data tersebut di analisis secara deskriptifnkualitatif dan kuantitatif. Hal ini menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar peserta didik pada setiap siklus. Hasil observasi guru pada siklus I yaitu 62,50% meningkat menjadi 96,10% pada siklus II. Hasil observasi peserta didik siklus I yaitu 54,16% meningkat menjadi 94,79% pada siklus II. Sedangkan kinerja peserta didik juga mengalami peningkatan, yaitu 42,15% pada siklus I menjadi 96,66% pada siklus II. Dan pada keterampilan peserta didik juga mengalami peningkatan, yaitu 54,78% pada siklus I menjadi 98% pada siklus II. Begitu juga dengan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan pada siklus I 50% dan pada siklus II 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 pada pembelajaran tema 6 subtema 4 pembelajaran 3 di SD Negeri Siki Kabupaten Timor Tengah Selatan.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Hasil Belajar, Project Based Learning.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Febriana Kamlasi - Personal Name
Student ID
1901140316
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - NIDK 8821723420 - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Treesly Y.N. Adoe, S.Sos, M.Pd-NIDK. 8821723420 - - Penguji 1
Marsi D.S. Bani, S.Pd., M.Pd - 19820314 200812 1 001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 KAM P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA