Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar IPA Organ Pencernaan Makanan Pada Manusia Kelas V SDI Oesapa Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar IPA Organ Pencernaan Makanan Pada Manusia Kelas V SDI Oesapa Kupang

XML

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta yang menyatakan bahwa
memecahkan suatu masalah merupakan suatu aktivitas dasar bagi manusia.
Kenyataan menunjukkan sebagian besar kehidupan manusia adalah berhadapan
dengan masalah-masalah.Kita perlu mencari penyelesaiannya.Begitupun dalam
hal belajar mengajar di sekolah. Banyak siswa yang tidak mencapai standar nilai
yang ditentukan karena kebanyakan guru masih menerapkan model pembelajaran
konvensional dan disini peneliti menggunakan model pembelajaran problem
solving untuk meningkatkan hasil belajar siswa
Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif yaitu Quasi Experimental
Design.Dengan rancangan penelitian tipe nonequivalent control group
design.Subjek penelitian yang digunakan yaitu terdiri dari kelas eksperimen dan
kelas kontrol Siswa kelas V SDI Oesapa Kupang, tahun angkatan 2020/2021.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara
model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran problem solving.
Hal ini dapat dibuktikan dari hasil posttest kelas VA (kelas kontrol) memiliki nilai
rata-rata 70,66 dan standar deviasi 10.668 sedangkan hasil posttest kelas V B
(kelas eksperimen) memiliki nilai rata-rata 75,66 dan standar deviasi 9.967.
terdapat pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar
pada materi organ pencernaan makanan pada manusia siswa kelas V SDI Oesapa
Kupang.
Kata kunci :Model Problem Solving, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Blinda Afriani Kadjakoro - Personal Name
Student ID
1601140278
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Ketua Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 KAD P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA