Skripsi
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar IPA Organ Pencernaan Makanan Pada Manusia Kelas V SDI Oesapa Kupang
XMLPenelitian ini dilatar belakangi oleh fakta yang menyatakan bahwa
memecahkan suatu masalah merupakan suatu aktivitas dasar bagi manusia.
Kenyataan menunjukkan sebagian besar kehidupan manusia adalah berhadapan
dengan masalah-masalah.Kita perlu mencari penyelesaiannya.Begitupun dalam
hal belajar mengajar di sekolah. Banyak siswa yang tidak mencapai standar nilai
yang ditentukan karena kebanyakan guru masih menerapkan model pembelajaran
konvensional dan disini peneliti menggunakan model pembelajaran problem
solving untuk meningkatkan hasil belajar siswa
Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif yaitu Quasi Experimental
Design.Dengan rancangan penelitian tipe nonequivalent control group
design.Subjek penelitian yang digunakan yaitu terdiri dari kelas eksperimen dan
kelas kontrol Siswa kelas V SDI Oesapa Kupang, tahun angkatan 2020/2021.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara
model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran problem solving.
Hal ini dapat dibuktikan dari hasil posttest kelas VA (kelas kontrol) memiliki nilai
rata-rata 70,66 dan standar deviasi 10.668 sedangkan hasil posttest kelas V B
(kelas eksperimen) memiliki nilai rata-rata 75,66 dan standar deviasi 9.967.
terdapat pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar
pada materi organ pencernaan makanan pada manusia siswa kelas V SDI Oesapa
Kupang.
Kata kunci :Model Problem Solving, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Blinda Afriani Kadjakoro - Personal Name
|
Student ID |
1601140278
|
Dosen Pembimbing |
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Fembriani - 199202132018032001 - Ketua Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1 Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 KAD P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |