Skripsi
Kemampuan Menulis Teks Prosedur Pada Siswa Kelas Viia Smp Negeri 6 Kupang Tengah Tahun Pelajaran 2022/2023
XMLTujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII A SMP Negeri 6 Kupang. Penelitian ini menggunakan Teori Konstruktivisme serta untuk mengetahui kemampuan siswa menggunakan Taori Taksonomi Bloom Edisi revisi 2016 dengan ranah kongnitif pada tingkatan mencipta. Metode yang digunakan peneliti pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan data penelitian tentang kemampuan menulis teks prosedur, terdapat 2 aspek penilaian yaitu berdasarkan struktur teks prosedur dan fitur kebahasaan teks prosedur yang meliputi (1) struktur terdiri atas (a) struktur isi, (b) struktur alat,bahan dan langkah pembuatan, (2) fitur kebahasaan terdiri atas (a) kaidah penulisan, (b) ciri kebahasaan. Hasil penelitian menunjukkan dari 25 siswa secara keseluruhan mampu menulis teks prosedur dengan persen 83,16. Hasil pada aspek struktur dikategori mampu dengan presentase 87,54 sedangkan pada aspek fitur kebahasaan berkategori cukup mampu dengan persen 78,78. Hal ini yang menunjukkan bahwa taraf kemampuan siswa kelas VII A SMP Negeri 6 Kupang Tengah Tahun Ajaran 2022/2023 sudah mampu dalam menulis teks prosedur.
Kata kunci : Kemampuan menulis text prosedur dan fitur kebahasaan
Detail Information
Item Type |
SKRIPSI
|
---|---|
Penulis |
Maria Dorince Goncalves - Personal Name
|
Student ID |
1901010097
|
Dosen Pembimbing |
Hayon G. Nico - 195808061986011001 - Dosen Pembimbing 1
Samuel H Nitbani - 19610502 198903 1 002 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Margaritha M. Karus - 196110141990032001 - Ketua Penguji
Hayon G. Nico - 195808061986011001 - Penguji 1 Samuel H Nitbani - 196105021989031002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
88201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
882.01 Gon K
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |