Pengaruh Perceraian Terhadap Anak Yang Nakal Di Kelurahan Nunbaun Delha Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Perceraian Terhadap Anak Yang Nakal Di Kelurahan Nunbaun Delha Kota Kupang

XML

Perceraian merupakan peralihan besar dalam penyesuaian dengan keadaan, anak akan mengalami reaksi emosi dan perilaku karena kehilangan salah satu orangtuanya. Kata cerai bukan berarti hanya menyangkut kedua belah pihak pasangan saja, yaitu ayah dan ibu. Masalah pokok dalam penulisan ini adalah: (1) Bagaimanakah pengaruh perceraian terhadap anak yang nakal di Kelurahan Nunbaun Delha? (2) Apasajakah upaya dari orang tua dan pemerintah dalam mengatasi anak yang nakal di Kelurahan Nunbaun Delha? Tujuan dalam penelitian ini yaitu; 1) Untuk mengetahui pengaruh perceraian terhadap anak yang nakal di Kelurahan Nunbaun Delha Kota Kupang, 2) Untuk mengetahui upaya dari orang tua maupun pemerintah dalam mengatasi anak yang nakal di Kelurahan Nunbaun Delha Kota Kupang. Manfaat penelitian ini yaitu; Secara teoritis sebagai bahan informasi dalam pengembangan dan penerapan ilmu hukum khususnya dalam bidang hukum perdata mengenai pengaruh perceraian. Secara praktis, 1) Sebagai bahan informasi kepada masyarakat untuk mengetahui pengaruh perceraian terhadap anak nakal. 2) Bagi masyarakat luas semoga dengan adanya penelitian ini dapat memberikan wawasan dan pemahaman kepada masyarakat berkaitan dengan Pengaruh Perceraian terhadap anak yang nakal. Penelitian yuridis empiris dengan metode pengumpulan data yaitu wawancara dan studi kepustakaan. Data yang dikumpulkan selanjutnya dianalisis kemudian disajikan atau dipaparkan secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan: 1) Pengaruh perceraian terhadap anak yang nakal di Kelurahan Nunbaun Delha yaitu, pasca perceraian orang tua mereka cenderung merasa bingung dan kehilangan arah, merasa frustasi, kehilangan tumpuan dan kehilangan kontrol diri sehingga mereka mencari cara untuk meregulasi emosi mereka masing-masing dengan cara lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah, acuh tak acuh terhadap pendidikan, suka berkelahi, berjudi, merokok dan mabuk-mabukan ini dilakukan karena mereka tidak tau melampiaskan amarah atau emosi mereka dengan baik. 2) Upaya orang tua maupun pemerintah dalam mengatasi anak yang nakal, meminta maaf, melakukan pendekatan emosional, berbicara jujur dan terbuka, tetap menjaga kehangatan keluarga pasca perceraian, mengadakan pertemuan dengan anak dan orang tua, melakukan sosialisasi terkait pemahaman masyarakat tentang perceraian dan dampaknya terhadap anak.
Adapun kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Perceraian berpengaruh terhadap anak yang nakal, pasca perceraian orang tua mereka cenderung merasa bingung dan kehilangan arah tanpa kedua orang tua, merasa frustasi, kehilangan tumpuan dan kehilangan kontrol diri sehingga mereka mencari cara untuk mengatur emosi mereka masing-masing dengan cara lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah, acuh tak acuh terhadap pendidikan, suka berkelahi, berjudi, merokok dan mabuk-mabukan ini dilakukan karena mereka tidak tau melampiaskan amarah atau emosi mereka dengan baik. 2) Upaya yang dapat dilakukan yaitu meminta maaf dan melakukan pendekatan emosional untuk menesehati anak secara terbuka dan jujur, libatkan diri dalam pendidikan anak, tetap menjaga kehangatan keluarga pasca perceraian, memberikan penjelasan kepada anak untuk tidak secara terus-menerus melakukan perilaku negatif yang dapat merugikan diri mereka dan orang-orang sekitar mereka juga dapat menghambat masa depan mereka. Pemerintah telah mengadakan pertemuan dengan keluarga untuk membahas masalah yang dihadapi oleh anak dan orang tua dan juga melakukan sosialisasi pemahaman masyarakat tentang perceraian dan dampaknya terhadap keberlangsungan hidup anak.

Kata Kunci: Perceraian, Pengaruh, Anak Nakal, Upaya Orangtua dan Pemerintah


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
NICOLAUS KENSARIO NDUN - Personal Name
Student ID
1902010423
Dosen Pembimbing
SITI RAMLAH USMAN - 196003051987032001 - Dosen Pembimbing 1
HELSINA FRANSISKA PELLO - 197912212005012002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Orpa Juliana Nubatonis - 197507112005012001 - Ketua Penguji
Siti Ramlah Usman - 196003051987032001 - Penguji 1
Helsina Fransiska Pello - 197912212005012002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 NDU P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA