Kedudukan Anak Sumbang Menurut Hukum Waris Adat Timor Di Kelurahan Naimata Kecamatan Maulafa

Detail Cantuman

Skripsi

Kedudukan Anak Sumbang Menurut Hukum Waris Adat Timor Di Kelurahan Naimata Kecamatan Maulafa

XML

Anak merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Sudah semestinya anak-anak mendaptkan yang terbaik. Anak yang mempunyai hubungan sah menurut hukum akan memiliki hak yang dilindungi. Tetapi jika anak yang dilahirkan diluar perkawinan akan timbul permasalahan pada kedudukan dan hak waris terhadap anak tersebut. Seperti halnya dengan anak yang dilahirkan sedarah. Permasalahan pokok dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaiamana Kedudukan Anak Sumbang Menurut Hukum Waris Adat Timor Di Kelurahan Naimata Kecamatan Maulafa? (2) Apa Pertimbangan Hukum Tentang Kedudukan Anak Sumbang Menurut Hukum WarisAdat Timor Di Kelurahan Naimata Kecamatan Maulafa?
Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris yang di laksanakan di wilayah Kelurahan Naimata Kecamatan Maulafa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, teknik studi dokumen dan teknik dokumentasi. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Penelitian ini dilakukan di Kota Kupang. Hasil pengelolaan data tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode induktif.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat diketahui: (1)kedudukan anak sumbang menurut hukum waris adat timor di Kelurahan Naimata Kecamatan Maulafa yaitu anak sumbang kedudukanya di persamakan dengan anak kandung dan anak sah lainya. Anak sumbang dapat memperoleh harta warisan seperti anak kandung dan anak sah lainya. Yang membedahkan ialah jika anak sumbang tersebut laki-laki maka ia berhak menjadi ahli waris akan tetapi jika anak sumbang tersebut adalah perempuan maka anak sumbang tersebut tidak dapat menjadi ahli waris. (2) Pertimbangan hukum tentang kedudukan anak sumbang menurut hukum waris adat di Kelurahan Naimata Kecamatan Maulafa yaitu berdasarkan pertimbangan hukum waris barat bahwa pada ahli waris golongan ke pertama. ahli waris terdiri dari :keluarga sedarah dalam garis lurus kebawah, meliputi anak-anak beserta keturunannya serta suami atau istri yang ditinggalkan atau yang hidup terlama. Masing-masing perkepala mendapatkan bagian yang sama.
Kata Kunci: Kedudukan anak sumbang , hukum waris.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
NINDI RESANDY MAU - Personal Name
Student ID
1902010584
Dosen Pembimbing
AGUSTINUS HEDEWATA - 195908281986031004 - Dosen Pembimbing 1
DARIUS MAURITSIUS - 197705312005011001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Helsina Fransiska Pello - 197912212005012002 - Ketua Penguji
AGUSTINUS HEDEWATA - - 19590828 198603 1 004 - Penguji 1
Darius Mauritsius - 197705312005011001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 MAU K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA