Kualitas Pelayanan Medis Bagi Pasien Rawat Inap Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat Di Rumah Sakit Umum Daerah Ruteng

Detail Cantuman

Skripsi

Kualitas Pelayanan Medis Bagi Pasien Rawat Inap Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat Di Rumah Sakit Umum Daerah Ruteng

XML

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kualitas pelayanan kesehatan terhadap pasien rawat inap yang menggunakan jaminan kesehatan nasional kartu Indonesia Sehat di Rumah Sakit Umum Daerah Ruteng belum maksimal. Pasien sering mengeluhkan pelayanan yang masih diskriminatif dan daya tanggap petugas yang masih minim serta sikap petugas yang kurang ramah dalam melayani pasien. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Selanjutnya, informan dalam penelitian ini berjumlah 15 orang dan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan, teknik validasi data yang digunakan adalah triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari segi bukti fisik, sejumlah fasilitas fisik yang menunjang pelayanan kesehatan di ruang rawat inap pasien yang menggunakan Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat di Rumah Sakit Umum Daerah Ruteng seperti ukuran ruang rawat inap, keadaan lemari dan tempat tidur sudah memadai dan kebersihan ruang rawat inap yang selalu terjaga. Namun, hal yang masih kurang adalah ketersediaan alat atau sarana komunikasi di ruang rawat inap pasien kelas III. Selanjutnya, dari segi kehandalan, Rumah Sakit Umum Daerah Ruteng sudah memiliki standar pelayanan yang jelas dalam memberikan pelayanan terhadap pasien rawat inap yang menggunakan Kartu Indonesia Sehat dan petugas memberikan pelayanan kesehatan dengan penuh kecermatan. Kemudian, dari segi ketanggapan, petugas kesehatan sudah memberikan respon yang cepat terhadap setiap pasien yang membutuhkan pelayanan. Dari segi jaminan dan kepastian, tidak ada jaminan tepat waktu dari dokter penanggung jawab untuk memeriksa/melayani pasien di ruang rawat inap. Hal ini disebabkan oleh banyaknya pasien yang harus dilayani sementara jumlah dokter terbatas. Namun, dapat dipastikan dokter penanggung jawab melakukan visit setiap hari di ruang rawat inap pasien dan petugas kesehatan selalu bersikap ramah, sopan dan santun dalam melayani pasien. Selanjutnya, dari segi empati petugas selalu mementingkan kepentingan pasien dalam memberikan pelayanan.
Kata Kunci: Kualitas, Pelayanan Kesehatan


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
EDELBERTUS ODIL DODOK - Personal Name
Student ID
1903010191
Dosen Pembimbing
JACOB WADU - 196305301988031002 - Dosen Pembimbing 1
MADE NGURAH DEMI ANDAYANA - 197010292009121001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Jacob Wadu - 196305301988031002 - Ketua Penguji
Made Ngurah Demi Andayana - 197010292009121001 - Penguji 1
Maria Magdalena Lino - 196312071990032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 DOD K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA