ETIKA APARATUR SIPIL NEGARA DALAM PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN

Detail Cantuman

Skripsi

ETIKA APARATUR SIPIL NEGARA DALAM PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN

XML

Penelitiaan ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisisi etika Aparatur Sipil Negara dalam pelayanan publik pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Timor Tengah Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan tipe studi kasus (studi case). Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Jumlah informan yaitu 15 orang, analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan verivikasi data. Serta keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, teknik/cara dan waktu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa etikaa Aparatur Sipil Negara yang diterapkan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Timor Tengah Selatan, ditinjau berdasarkan beberapa segi, yaitu ; 1) Persamaan (aquality), aspek ini masih maksimal, efektif dan efisien. Rata-rata pegawai melaksanakn tugas dan tanggungjawabnya sebagai pelayanan publik berdasarkan SOP. Ada masyarakat yang dilayani dengan baik berdasarkan standar operasional pelayanan, sebaliknya ada perbedaan dalam pelayanan seluruh keperluan publik dimana dapat mengutamakan publik yang berkebutuhan khsus seperti buta, tuli, orang sakit, lansia sebagai suatu kewajiban. Namun terkadang masih ditemukan tindakan diskriminasi atau ketidakadilan oleh aparat pelayanan publik dimana dapat mengutamakan kepentingan pribadi maupun golongan seperti, keluarga, kenalan maupun sahabatny. 2) kestiaan (loyalitas), aspek ini kurang masksimal, diaman masih ditemukan pegawai yang tidak taat dan patuh terhadap aturan sehingga dijatuhi hukuman atau sanksi. 3) tanggungjawab (responsibility), ditinjau berdasarkan sub fokus secara cepat dan cermat sudah diterapkan dengan baik, pelayanan cepat danberkualitas, waktu pelayanannya paling lambat 2 jam masyarakat langsung bisa membawa hasil dokumen. Nmaun beberapa faktor penghambat pelayanan yakni, SDM yang terbatas, sarana dan prasaran yang kurang memadai, kurangnya pemahaman masyarakat terhadap mekanisme dan prosedur pelayanan. Dengan demikian peran ASN sangat penting dalam mewujudkan proses penyelenggaraan pelayanan publik yang prima serta untuk mencapai tujuan negara yakni mensejahterakan seluruh masyarakat maka seleruh ASN diharapakan lebih meningkatkan pemahaman dan mengimplementasikan nilai-nilai kode etik dan moral ASN dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai abdi masyarakat dan abdi negara.

Kata Kunci : Etika ASN Dalam Pelayanan Publik


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
NIKI JUNIATI SAE - Personal Name
Student ID
1803010219
Dosen Pembimbing
DOMINIKUS FERNANDES - 196007191988031001 - Dosen Pembimbing 1
PRIMUS LAKE - 195908281987021002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dominikus Fernandes - 196007191988031001 - Ketua Penguji
Primus Lake - 195908281987021002 - Penguji 1
Petrus Kase - 196208091988031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 Sae E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA