Skripsi
KAJIAN PENGARUH MUATAN BERLEBIH (OVERLOADING) KENDARAAN TERHADAP UMUR RENCANA PERKERASAN LENTUR (Studi Kasus Ruas Jalan Matani, Kabupaten Kupang)
XMLJalan Matani merupakan jalan kabupaten yang diklasifikasikan sebagai jalan kelas III kolektor primer yang mampu menerima beban 8 ton, namun jalanMatani sering dilewati kendaraan bermuatan lebih dari 8 ton sehingga salahsatu penyebab kerusakan Jalan Matani yaitu muatan berlebih kendaraan yangmengakibatkan jalan tersebut mengalami kerusakan sebelum umur rencanaperkerasan lentur tercapai.Tujuan penelitian ini adalah Mengkaji Pengaruhbeban berlebih kendaraan terhadap umur rencana perkerasan lentur denganmenggunakan metode analisa komponen SNI No: 03-1732-1989 untukmengetahui besar ekivalen kendaraan dari beban total kendaraan dan rumusremaining life metode AASHTO 1993 untuk menentukan sisa umur perkerasanlentur. Hasil dari penelitian ini adalah pengaruh beban berlebih terhadap besarperubahan angka ekivalen sumbu kendaraan yang melewati ruas Jalan Matanimasing-masing kendaraan yaitu kendaraan 2 sumbu (1.2H) besar perubahaanangka ekivalen kendaraan jenis ini yaitu 0,3658 dan kendaraan 3 sumbu (1.2.2)besar perubahan angka ekivalen kendaraan jenis ini yaitu 8,688 sehinggaperkerasan lentur mengalami penurunan umur rencana 3,0695 tahun.
Kata kunci : Kendaraan bermuatan lebih, umur rencana, perkerasan lentur, analisa komponen, Jalan Matan
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
SRIVELDA BANGU HARI - Personal Name
|
Student ID |
1806010021
|
Dosen Pembimbing |
DOLLY W. KARELS - 196210121992032001 - Dosen Pembimbing 1
REMIGILDUS CORNELIS - 197006122000031002 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
DOLLY W. KARELS - - Ketua Penguji
Remigildus Cornelis - 197006122000031002 - Penguji 1 John H. Frans, ST, MT - 197506022001121002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
22201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Teknik Sipil
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
222.01 HAR K
|
Copyright |
individu penulis
|
Doi |