Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Penerapan Model Collaborative Learning

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Penerapan Model Collaborative Learning

XML

Penelitian ini bertujuan mengkaji literatur mengenai analisis kemampuan berpikir kreatif siswa pada penerapan model collaborative learning. Pelajar pancasila dengan salah satu ciri utama adalah bernalar kreatif. Masalah pokok yaitu Kemampuan berpikir kreatif siswa masih rendah ditunjukkan oleh sikapnya yang pasif, pembelajaran didalam kelas menggunakan metode text book oriante, sehingga kreatifitas berpikir dari peserta didik dibatasi. Pembelajaran yang diterapkan oleh para guru di sekolah pada umumnya adalah konvensional dengan menggunakan pembelajaran teacher center/ceramah. Tantangan yang dihadapi ke depan begitu kompleks. Sehingga, membutuhkan kompetensi, diantaranya yaitu kemampuan kolaborasi dan berpikir kreatif.
Jenis penelitian ini adalah studi literatur dengan jenis dan sumber data yaitu data sekunder dari jurnal, artikel, dan tesis serta sumber lain yang relevan dengan topik yang diambil mengenai kemampuan berpikir kreatif pada penerapan model collaborative learning. Berpikir kreatif adalah akivitas berpikir agar menghasilkan ide atau produk baru yang belum ada sebelumnya atau penyempurnaan dari yang sudah ada sebelumnya. Collaborative Learning ialah suatu model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik yang membantu peserta didik untuk memahami materi pembelajaran dengan membentuk peserta didik dengan tingkat kecakapan yang bervariasi kedalam kelompok kecil untuk bekerja sama memecahkan masalah dalam mencapai tujuan pembelajaran, serta mencapai kemampuan sosial dan kemampuan belajar yang lebih baik.
Berdasarkan kajian yang telah dibuat dari beberapa sumber yang mengkaji kemampuan berpikir kreatif pada tingkat SMP dan SMA, khususnya pada mata pelajaran matematika dan IPA pada penerapan model collaborative learning mendapatkan hasil yang baik, dimana model collaborative learning efektif dalam meningkatkan/mengembangkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik.

Kata kunci : Berpikir Kreatif, Model Pembelajaran Collaborative Learning


Detail Information

Item Type
Penulis
APRIDIANA FERA CIKS - Personal Name
Student ID
1701050056
Dosen Pembimbing
I Wayan Sukarjita - - Dosen Pembimbing 1
KADEK AYU ASTITI - 198809282014042002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
I Wayan Sukarjita - - Ketua Penguji
Kadek Ayu Astiti - 198809282014042002 - Penguji 1
Marsi Devid Setyawan Bani - 198203142008121001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
081238550237
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA