Penggunaan Media Video Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Teks Permintaan Maaf Siswa Kelas II Di SD Inpres Oesapa

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Media Video Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Teks Permintaan Maaf Siswa Kelas II Di SD Inpres Oesapa

XML

Skripsioleh Maria Laurdes Beribe, NIM 1601140196 (2021) berjudul “PenggunaanMedia Video DalamMeningkatkanKemampuanMembacaNyaringTeksPermintaaanMaafSiswaKelas II Di SD InpresOesapadenganmasalahBagaimanameningkatkan kemampuan membacanyaringtekspermintaanmaafsiswa kelas II di SDI Oesapamelaluipenggunaanmedia video?.Tujuandaripenelitianiniyakniuntukmendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca nyaring teks permintaan maaf siswa kelas II dengan menggunakan media video di SDI Oesapa. Jenis penelitian yang digunakanyaknipenelitian lapangan (field research)dalambentukPenelitianTindakanKelas (PTK) denganteknikpengumpulan datayakniobservasidantes.Teknikanalisis data yang digunakandengan untuk mencari rata-ratakelas. Subjekpenelitian ini berjumlah 20 orang denganrincianlaki-laki 8 orang danperempuan 12 orang.
Penelitianinidiadakan diSDI Oesapa dengan hasil penelitian menunjukkanbahwasiklus I, dari 20, subjek yang tuntas berjumlah 10 orang denganpersentase sebesar (50%) tuntaskarenasudahmencapaikriteria-kriteriadalammembaca, yaitusiswasudah mampu membacadenganlafal, intonasi, dan kelancaran dengan tepat dan yang tidaktuntas berjumlah 10 orang denganpersentase sebesar (50%) tidaktuntaskarenabelummencapaikriteria-kriteriadalammembaca.


Masalah yang dialami 10 siswa tersebut adalah yang pertama 10 siswa kurang memusatkan perhatianpada media yang ditayangkan menggunakan LCD dantidakmemperhatikandenganbaik guru dantemaannya yang sedangmemberikancontohdidepankelas.Kedua kurang percaya diri dalam membaca. Ketiga siswa masihkurang aktif dalam membaca. Yang keempatantusiassiswadalammelihat video danmendengrkannya sangat tinggitetapibelummemahamiapa yang merekalihatdanmerekadengar.Selanjutnyasiklus II mengalamipeningkatanhalinidibuktikan dari subjekpenelitian yang tuntas 20 siswa denganpersentase sebesar (100%) tuntaskarenasudahmencapaisemua kriteria dalammembacanyaring
Sesuaihasilpenelitiandiatasdapatdisimpulkanbahwa penggunan media video dapatmeningkatkankemampuan membaca nyaring siswa dengan memperhatikan lafal, intonasi, dan kelancaran pada saat membaca tekspermintaanmaaf siswa Kelas 2 SD InpresOesapa .

Kata Kunci : Media Video , Membaca Nyaring, Teks Permintaan Maaf


Detail Information

Item Type
Penulis
Maria Laurdes Beribe - Personal Name
Student ID
1601140196
Dosen Pembimbing
KARUS MARIA MARGARETA - 196210141990032001 - Dosen Pembimbing 1
Netty E.A. Nawa, S.Pd, M.Pd - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
BENEDIKTUS KASA - 195706141984031001 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 IBE P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA