Penggunaan Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran IPA Tentang Manfaat Energi Dalam Kehidupan Hari-Hari Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas IV SDK Kiupasan

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran IPA Tentang Manfaat Energi Dalam Kehidupan Hari-Hari Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas IV SDK Kiupasan

XML

Tujuannya untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang manfaat energi dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan metode pembelajaran Demonstrasi pada siswa kelas IV SDK Kiupasan. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri dari empat tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan/Tindakan, Observasidan Tes serta Refleksi. Dengan subyek sebanyak 26 orang yakni 13 laki-laki dan 13 perempuan. Penelitian ini di adakan di SDK Kiupasan, dengan hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I, sebanyak 19 (73%) siswa dari 26 siswa tuntas dengan nilai 73% karena pada saat pembelajaran berlangsung siswa memusatkan perhatian dengan baik, aktif dalam kelas, mengerjakan tugas, dan tertib pada saat pembelajaran. Sedangkan 7 (27%) orang lainnya dari 26 siswa belum mencapai standar ketuntasan karena masih banyak siswa yang kurang aktif, masih banyak juga siswa yang ribut dan tidak memperhatikan pada saat proses pembelajaran berlangsung, dan dalam kelompok siswa masih pilih-pilih teman dalam kelompok. Selanjutnya pada siklus II hasil belajar siswa meningkat. Yakni dari 26 siswa, 23 siswa tuntas dengan presentase nilai (88,46%) karena selalu memusatkan perhatian dalam pembelajaran, siswa aktif dalam kelas, lebih percaya diri dalam mengemukakan pendapat, dan mengerjakan tugas dengan benar. Sedangkan 3 siswa yang belum tuntas karena kurang aktif dan masih ribut di dalam kelas.Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA tentang manfaat energi dalam kehidupan sehari-hari, dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal yang diharapkan peneliti.
Kata kunci: Metode Demonstrasi, Manfaat Energi, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Penulis
Angela Ance Naitkakin - Personal Name
Student ID
1601140009
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 1
B Kasa - 195706141984031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 NAI P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA