Penggunaan Model Pembelajaran Think Pair Share Dalam Pembelajaran Tema 2 Selalu Berhemat Energi Dan Sub Tema 1 Sumber Energi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Gmit Airnona 1 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Pembelajaran Think Pair Share Dalam Pembelajaran Tema 2 Selalu Berhemat Energi Dan Sub Tema 1 Sumber Energi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Gmit Airnona 1 Kupang

XML

Skripsi oleh Mersiani Ludji Wadu. NIM. 1601140138 (2021). Berjudul “Penggunaan Model Pembelajaran Think Pair Share dalam pembelajaran tema 2 selalu berhemat energi Sub tema 1 Sumber Energi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD GMIT Airnona 1 Kupang”. Dengan masalah bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tema 2 selalu berhemat energi Sub tema 1 Sumber Energi dengan menggunakan model Think Pair Share. Tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tema 2 selalu berhemat energi Sub tema 1 Sumber Energi menggunakan model pembelajaran Think Pair Share. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data yakni observasi dan tes teknik analisis data yakni dedukatif dan kualitatif dengan subyek 20 orang dengan rincian siswa laki-laki 10 orang dan siswa perempuan 10 orang. Penelitian ini diadakan di SD GMIT Airnona 1 Kupang, dengan hasil penelitian menunjukkan pada siklus I, sebanyak 10 orang siswa (50%) dari 20 subjek tuntas karena memusatkan perhatian, aktif dalam kelas, mengerjakan tugas, dan tertib pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Sedangkan 10 orang lainnya dari 20 subjek (50%) belum mencapai standar ketuntasan karena siswa kurang memusatkan perhatian ketika sedang berdiskusi, kurang percaya diri, masa bodoh, dan kurang aktif dalam mengerjakan tugas. Selanjutnya pada siklus II hasil belajar siswa meningkat. Yakni 20 subjek, 20 siswa tuntas dengan presentase meningkat menjadi 100% karena siswa semua selalu memusatkan perhatian, aktif dalam kelas, lebih percaya diri dan selalu mengerjakan tugas. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa dalam penggunaan model pembelajaran Think Pair Share dengan materi tematik tema 2 selalu berhemat energi, sub tema 1 sumber energi, dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan sesuai kriteria ketuntasan minimal yang diharapkan peneliti. Kata kunci: Think Pair Share, Hasil Belajar, Hak dan kewajiban


Detail Information

Item Type
Penulis
Mersiani Ludji Wadu - Personal Name
Student ID
1601140138
Dosen Pembimbing
Benediktus Kasa - 195706141984031001 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
BENEDIKTUS KASA - 195706141984031001 - Penguji 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 WAD P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA