ANALISIS PENGGUNAAN WHATSAPP MELALUI MODEL PBL(PROBLEM BASED LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SECARA DARING DI KELAS X SMAN 1 AMFOANG TIMUR

Detail Cantuman

Skripsi

ANALISIS PENGGUNAAN WHATSAPP MELALUI MODEL PBL(PROBLEM BASED LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SECARA DARING DI KELAS X SMAN 1 AMFOANG TIMUR

XML

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui keefektifan Penggunaan Whatsapp dengan model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa materi usaha dan energi di SMA Negeri 1 Amfoang Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik model Miles dan Hubberman dengan menggunakan 3 tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Sumber dari penelitian ini yaitu 1 guru mata pelajaran Fisika dan 4 rang siswa SMA Negeri 1 Amfoang timur.
Dalam penelitian ini, diperoleh hasil belajar siswa sebelum menggunakan whatsapp dan sesudah menggunakan whatsapp dengan nilai sebesar 76,85dan 80,05 berada dalam kategori tinggi dan diatas nilai KKM. Hal ini menunujukan dalam pembelajaran tingkat keberhasilan siswa mencapai suatu perubahan yang baik dalam bentuk pengetahuan dan keterampilan.
Keefektifan penggunaan whatsapp terhadap pembelajaran khususnya pembelajaran fisika sangat-sangat membantu guru dalam kegiatan pembelajaran yang memuat kegiatan pembuka, inti dan penutup. Kemudian fitur yang sering digunakan fitur foto, dokumen, group whatsapp dan call(telpon) secara langsung. Kemudahan dirasakan dengan kehadiran fitur whatsapp dan juga penggunaan yang mudah dan dapat digunakan oleh berbagai peserta didik. dalam kegeiatan pembelajaran secara daring.


Kata kunci: Penggunaan WhatsApp, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1701050066
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.03 FET S
Copyright
Individu Penulis
Doi
0

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA