Pengembangan Buku Digital Sebagai Media Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Tema 4 Subtema 2

Detail Cantuman

Skripsi

Pengembangan Buku Digital Sebagai Media Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Tema 4 Subtema 2

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku digital sebagai media untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV pada pembelajaran Tema 4 Subtema 2. Perkembangan teknologi yang semakin canggih juga membawa pembaharuan dalam lingkup pendidikan. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, guru dapat merancang sebuah buku digital yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran sekaligus sebagai bahan ajar yang dapat digunakan selama pembelajaran di kelas maupun di luar kelas. Buku digital juga dilengkapi dengan animasi, video, dan memungkinkan adanya rekaman suara sehingga siswa juga bisa belajar mandiri dan memiliki pengalaman belajar yang sama. Dengan kenyataan tersebut, buku konvensional perlu diinovasi dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan teknologi menjadi lebih praktis, menarik, dan mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga dapat menimbulkan dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan desain 4D (Define, Design, Development, Desseminate) dan model pengembangan the one group pretest-posttest. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuesioner kelayakan produk yang akan diberikan pada validator sebagai pedoman penilaian buku digital yang dikembangkan sebagai alat ukur kelayakan produk dalam aspek materi dan media, angket motivasi belajar dan tes hasil belajar yang akan diberikan pada siswa sebelum dan sesudah menggunakan buku digital sebagai alat ukur efektivitas buku digital dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan (1) Simpangan Baku Ideal (SBI) untuk menganalisis angket kelayakan produk, (2) Proporsi (Mode) untuk menganalisis motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah, (3) Normalized Gain (N-Gain) untuk menganalisis keefektifan buku digital untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan analisis SBI, buku digital yang dikembangkan mendapatkan nilai dalam aspek materi sebesar 4,54 yang termasuk dalam kategori sangat layak dan aspek media mendapatkan nilai sebesar 4,6 yang termasuk dalam kategori sangat layak. Setelah menggunakan buku digital, motivasi belajar siswa meningkat hingga 9,74% dibandingkan dengan sebelum menggunakan buku digital. Keefektifan buku digital dalam meningkatkan motivasi belajar setelah dianalisis sebesar 60,59% yang termasuk dalam kategori cukup efektif. Kenyataan tersebut didukung oleh peningkatan hasil belajar siswa sebesar 10,96% dibandingkan dengan sebelum menggunakan buku digital. Kata Kunci: Buku digital, Media, Motivasi Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Chikita Dina Arianti - Personal Name
Student ID
1601140077
Dosen Pembimbing
HIWA WONDA - 196201231988031001 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Hiwa Wonda - 196201231988031001 - Penguji 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Ari P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA