Skripsi
Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Ekosistem Kelas V SDK Wemasa Kecamatan Kobalima Kabupaten Malaka
XMLSkripsi oleh Febronia Lawa Bria, NIM: 1601140156, PGSD, 2021. Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Ekosistem Kelas V SDK Wemasa Kecamatan Kobalima Kabupaten Malaka. Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan ilmu pendidikan, Universitas Nusa Cendana. Pembimbing (I) Dr. Taty R. Koroh, S.Pd, M.Pd (II) Fembriani, S.Pd, M.Pd. Penggunaan metode pembelajaran yang selama ini diterapkan menjadikan siswa kurang aktif selama pembelajaran, hal ini juga yang menjadi salah satu penyebab kejenuhan pada peserta didik. Perlu diterapkan suatu metode pembelajaran dengan karakteristik tertentu guna melibatkan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Metode pembelajaran brainstorming sesuai untuk mengatasi kejenuhan siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran brainstorming terhadap hasil belajar siswa. subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDK Wemasa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran brainstorming terhadap hasil belajar siswa. hal ini dibuktikan dengan pengujian hipotesis berdasarkan uji paired samples test diperoleh signifikansi 0,000 kurang dari taraf signifikan 0,05 (0,000<0,05), maka Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran brainstorming memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa materi ekosistem kelas V SDK Wemasa Kecamatan Kobalima Kabupaten Malaka. Kata Kunci: Metode Brainstorming, Hasil Belajar Siswa.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Febronia Lawa Bria - Personal Name
|
Student ID |
1601140156
|
Dosen Pembimbing |
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
FEMBRIANI - 199202132018032001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1 Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Bri P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |