Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Tentang Bagian-Bagian Tumbuhan Di Kelas IV SD Inpres Nekmese Kabupaten Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Tentang Bagian-Bagian Tumbuhan Di Kelas IV SD Inpres Nekmese Kabupaten Kupang

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguji pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi bagian-bagian tumbuhan di SD Inpres Nekmese Kabupaten Kupang. Penelitian kuantitatif deskriptif ini menggunakan metode eksperimen jenis pre-eksperimen dengan menggunakan model pendekatan One-Group Pretest-posttest design . Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres Nekmese yang berjumlah 15 siswa. Sampel penelitian adalah kelompok kontrol sejumlah 7 siswa dan kelompok ekperimen sejumlah 8 siswa. Perlakuan yang diterapkan pada kelas eksperimen adalah model pembelajaran discovery learning sedangkan pada kelas control adalah model konvensional. Ada 6 langkah dalam menerapkan model pembelajaran discovery learning yaitu 1) stimulasi/pemberi rangsangan, 2) problem statmen/peryantaan, 3)data collection/pengumpulan data, 4)data processing/pengelolahan data, 5)verification/pembuktian, 6)generalisasi/menarik kesimpulan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dari instrument penelitian setiap item soal valid karena nilai r dan reliabel Karena nilai cronbach alpha 0,952 > 0,6 serta berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan uji normalitas, didapatkan hasil bahwa nilai terhadap hasil belajar pretest dan posttest pada semua aspek terdistribusi normal. Hasil analisis deskriptif menujukan bahwa rata-rata nilai kemampuan siswa yang dibelajrakan dengan model discovery learning sebesar 80,62 sedangkan rata-rata nilai kemampuan siswa yang dibelajarkan model pembelajaran konvensional sebesar 76,42. Dengan demikian dapat r hitung disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning memiliki pengaruh yang lebih baik dari model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Discovery lerrning, hasil belajar.


Detail Information

Item Type
Penulis
Chelvin C. Ora - Personal Name
Student ID
1601140159
Dosen Pembimbing
GASPAR MELO - 195806241987031002 - Dosen Pembimbing 1
FEMBRIANI - 199202132018032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 1
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Ora P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA