Tinjauan Kriminologi Terhadap Relasi Seksual Yang Dilakukan Oleh Oknum Pejabat Terhadap Anak Di Wilayah Hukum Kepolisian Resor Alor

Detail Cantuman

Skripsi

Tinjauan Kriminologi Terhadap Relasi Seksual Yang Dilakukan Oleh Oknum Pejabat Terhadap Anak Di Wilayah Hukum Kepolisian Resor Alor

XML

Kejahatan kekerasan seksual merupakan kasus yang sering terjadi dan terus meningkat setiap tahunnya, yang menjadi korban dari kejahatan ini bukanlah orang dewasa melainkan anak-anak yang masih membutuhkan kasih sayang dan perhatian yang cukup besar dari keluarga maupun masyarakat. Berdasarkan proses penyelesaian tersebut, maka dirumuskan masalah pokok: (1) Apakah faktor yang menyebabkan terjadinya relasi seksual yang dilakukan oleh oknum pejabat dengan anak di wilayah hukum Kepolisian Resor Alor? (2) Bagaimanakah upaya penanggulangan terhadap kasus relasi seksual terhadap anak di wilayah hukum Kepolisian Resor Alor?
Metode penelitian ini menggunakan penelitian hukum empiris, yang melihat keadaan dan fakta-fakta didalam masyarakat dari wawancara dan studi kepustakaan serta pengamatan langsung untuk memperoleh gambaran secara utuh dan lengkap.
Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Faktor yang menyebabkan terjadinya relasi seksual yang dilakukan oleh oknum pejabat terhadap anak di wilayah hukum kepolisian resor alor ada dua faktor yakni faktor internal dan faktor eksternal. Yang pertama faktor internal yaitu:kondisi psikologis pelaku, kondisi biologis pelaku, moral pelaku, dan kontrol diri yang lemah. Dan yang kedua faktor eksternal yaitu: faktor lingkungan, faktor media sosial, faktor pergaulan bebas, dan faktor kurangnya pengawasan dan pemahaman keluarga. (2) Upaya penanggulangan terhadap kasus relasi seksual terhadap anak di wilayah hukum Kepolisian Resor Alor. dilakukan dengan tiga cara yaitu: upaya pre-emtif, preventif dan represif.
Diharapkan kepada pihak Kepolisian Resor Alor agar semakin mengoptimalkan pembinaan kepada masyarakat serta pengawasan kegiatan- kegiatan masyarakat, serta memaksimalkan sarana yang dimiliki kepolisian sehingga penanganan kasus dapat lebih maksimal.

Kata kunci: faktor penyebab, relasi seksual, oknum pejabat, anak, upaya penanggulangan.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1902010534
Dosen Pembimbing
RUDEPEL PETRUS LEO - 196406121990031003 - Dosen Pembimbing 1
HERYANTO AMALO - 196511301992031002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Adrianus Djara Dima - 196604071990031001 - Ketua Penguji
Rudepel Petrus Leo - 196406121990031003 - Penguji 1
Heryanto Amalo - 196511301992031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 MAL T
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA